Breaking News:

Mengerikan, Seribuan Warga Binaan di Lapas dan Rutan di DKI Jakarta Terjangkit Hepatitis C

Ribuan warga binaan di Lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di DKI jakarta terjangkit penyakit Hepatitis C.

Editor: Ilham Yafiz
KOMPAS.com/CHRISTOFORUS RISTIANTO
Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kemenkum HAM, Sri Puguh Budi, dalam sambutan acara diseminasi tes hepatitis C bagi tahanan dan napi di lapas dan rutan DKI Jakarta di Gedung Ditjen Pemasyarakatan, Jakarta, Kamis (19/9/2019). 

Mengerikan, Seribuan Warga Binaan di Lapas dan Rutan di DKI Jakarta Terjangkit Hepatitis C

TRIBUNPEKANBARU.COM - Ribuan warga binaan di Lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di DKI jakarta terjangkit penyakit Hepatitis C.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kemenkum HAM Sri Puguh Budi mengungkapkan, ada sekitar 1.000 penghuni lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan yang terjangkit tersebut.

Hal itu terungkap dari tes terhadap 17.400 penguhuni di tujuh lapas dan rutan di DKI Jakarta dalam rentang waktu dua bulan dari 28 Juni hingga 28 Agustus 2019.

"Prevalensi dari 17.400 tahanan lapas dan rutan, yang terjangkit penyakit hepatitis C cukup tinggi, yakni 5,9 persen atau ada sekitar 1.000-an tahanan," ujar Sri dalam acara diseminasi tes hepatitis C bagi tahanan dan napi di lapas dan rutan DKI Jakarta di Gedung Ditjen Pemasyarakatan, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

"Ini tinggi sekali, penting untuk diketahui saat ini agar tidak menular," lanjut dia.

Sri menduga, lapas dan rutan di wilayah luar DKI Jakarta juga memiliki prevalensi tinggi mengenai napi yang terjangkit hepatitis C.

Oleh sebab itu, pihaknya akan menggencarkan tes di lapas dan rutan.

Tujuannya supaya narapidana maupun petugas lapas dan rutan tidak tertular penyakit hepatitis C.

Mereka adalah kelompok rentan yang berpotensi tertular. Sri menjelaskan, komunikasi antara narapidana dengan petugas sangat intensif.

Baca: Kabut Asap Masih Pekat, Libur Sekolah di Kuansing Riau Diperpanjang

Baca: Jangan Lewatkan Link Live Streaming PSM Makassar vs Tira Persikabo Sore Ini Liga 1 2019

Baca: Terkait Pengadaan Lahan Ibu Kota Baru, Nama Konglomerat Sukanto Tanoto Disebut, Kuasai Lahan HTI

Sehingga tes tersebut diharapkan mampu mencegah penyakit tertular hepatitis C.

"Komunikasi mereka sangat intensif. Mereka kelompok rentan yang bisa tertular penyakit hepatitis C. Hasil ini menjadikan kita lebih waspada. Bukan hanya di Jakarta, melainkan juga lapas dan rutan di daerah lain," lanjut dia.

Sementara itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Langsung Kementerian Kesehatan dr Wiendra Waworuntu menambahkan, kegiatan tes hepatitis C tersebut sejalan dengan pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat.

Tes tersebut, sebagai upaya preventif dalam pembangunan kesehatan yang bertujuan menurunkan angka kejadian penyakit dan efesiensi dalam pembiayaan kesehatan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dirjen PAS: 1.000 Napi di Jakarta Terjangkit Hepatitis C", https://nasional.kompas.com/read/2019/09/19/12585361/dirjen-pas-1000-napi-di-jakarta-terjangkit-hepatitis-c.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved