Berita Riau

Seni Olah Tempurung Berawal dari Imajinasi,Disdagprin Siak Riau Hadirkan Instruktur dari Yogyakarta

Seni mengolah tempurung berawal dari imajinasi. Seorang perajin mesti mengikuti imajinasinya dalam menghasilkan produk kerajinan.

Seni Olah Tempurung Berawal dari Imajinasi,Disdagprin Siak Riau Hadirkan Instruktur dari Yogyakarta
Tribun Pekanbaru/Mayonal Putra
Dewi (kanan) bersama KUB-nya melaksanakan praktek kerajinan berbahan baku tempurung, Kamis (26/9/2019) di Hotel Grand Mempura, Siak 

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Siak menggelar
kegiatan diversifikasi tempurung kelapa produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) selama 5 hari di Hotel Grand Mempura, Siak.

Kegiatan berlangsung mulai 24-28 September 2019. Instruktur didatangkan dari pegiat Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Yogyakarta.

Dewi (27), warga Suak Lanjut, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini.

Ia banyak mendapat ilmu terkait kerajinan berbahan tempurung selama mengikuti kegiatan tersebut.

"Ini kesempatan langka bagi kami untuk mendapatkan cara membuat kerajinan berbahan tempurung ini. Praktik yang saya jalani bersama teman-teman baru 3 hari. Insya Allah banyak sekali yang dapat kita buat setelah ini," kata Dewi, Kamis (26/9/2019).

Dewi ikut di dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kecamatan Siak. Anggotanya 5 orang, yang memang berniat untuk membangun industri kerajinan berbahan baku tempurung.

"Di sini kita menciptakan perajin mandiri dan berdaya saing. Pola pelatihan lebih banyak praktik dibanding teori," kata Zaenal Muttaqim (50), instruktur diversifikasi tempurung kelapa itu yang didatangkan dari Yogyakarta.

Dari tempurung kelapa, peserta bisa membuat bergam produk kerajinan. Seperti meja, kursi, asbak, kotak tisu, kap lampu, mirror, frame, hiasan untuk mangkok sop, tempat sambal, tempat saos dan lain sebagainya.

Perajin tidak mesti dari orang yang berbakat atau mempunyai skill.

"Bakat dan skill hanya 5 persen, 95 persen adalah kemauan. Jika punya kemauan bisa menghasilkan produk yang baik," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved