Pekanbaru

Jarak Pandang Menurun di Pekanbaru Akibat Asap Kiriman

Jarak pandang di Pekanbaru Rabu (16/10/2019) siang menurun dari 8 kilometer menjadi 5 kilometer akibat asap yang menyelimuti sejak siang itu.

Jarak Pandang Menurun di Pekanbaru Akibat Asap Kiriman
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Kabut asap pekat masih menyelimuti Kota Pekanbaru, Minggu (22/9/2019). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) 

Jarak Pandang Menurun di Pekanbaru Akibat Asap Kiriman

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Jarak pandang di Pekanbaru Rabu (16/10/2019) siang menurun dari 8 kilometer menjadi 5 kilometer akibat asap yang menyelimuti sejak siang itu.

Menurut keterangan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru itu asap kiriman dari Provinsi tetangga.

"Pengamatan terakhir jarak pandang 5 kilometer di Pekanbaru berasap,"ujar Analisis BMKG Sanya Gautami kepada tribunpekanbaru.com Rabu (15/10).

Menurut Sanya Gautami asap yang terpantau di Pekanbaru dan Riau pada umumnya merupakan asap yang berasal dari arah Selatan yakni Inhu, Inhil dan termasuk Provinsi tetangga Jambi dan Sumsel.

"Asap berasal dari wilayah selatan Pekanbaru, ada konstribusi dari wilayah yang mengalami karhutla tersebut, seperti Kabupaten Inhu, Inhil,dan Provinsi tetangga," ujar Sanya Gautami.

 Lirik Lagu Makhluk Tuhan Paling Seksi Dipertanyakan, Jawaban Mulan Jameela Buat Netizen Ramai Coba

 Daftar Warga Sipil yang Diperkarakan Gara-gara Nyinyiri Insiden Penusukan Wiranto di Media Sosial

Sebagaimana pantauan satelit yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Rabu (15/10), terpantau 756 titik, terbanyak ada di Sumsel 393 titik, Jambi 239 titik, Lampung 68 titik, Babel 24 titik, Sumbar 2 titik, Bengkulu 2 titik dan Kepri 1 titik.

Sedangkan di Riau terpantau 27 titik yang tersebar di Inhil 17 titik, Inhu 6 titik, Pelalawan 3 titik dan Meranti 1 titik.

Sedangkan kondisi cuaca sendiri pada cerah berawan terdapat potensi penuruan jarak pandang dari partikel basah dan kering seperti kabut dan haze.

Pada siang hingga sore hari cerah berawan dan malam hari cerah berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai angin kencang dan petir di wilayah Kab. Kampar, Rohul, Kuansing, Pelalawan, Siak, Bengkalis, Rohil, dan Kota Pekanbaru.

 BREAKING NEWS: Wali Kota Medan Dzulmi Eldin Ditangkap KPK? Jubir KPK: Wali Kota Dibawa ke Jakarta

 Diduga Terkait Praktik Setoran Dinas-dinas di Medan, Wali Kota Ditangkap KPK Bersama 6 Lainnya

Sedangkan dini hari cerah berawan dan berpotensi hujan dengan intensita sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah Kab. Kuansing, Inhu, Kampar, Pekanbaru, Siak, Bengkalis, Rohul, dan Rohil.

BMKG juga untuk Riau masih beri peringatan dini kepada masyarakat untuk waspadai Potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang terjadi pada malam hari hingga dini hari terutama di wilayah Barat Kab. Kampar dan Rohul.(tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved