Bulan November Ini Jumlah Pasien DBD di Dumai Melonjak Drastis

Memasuki akhir tahun yang bertepan dengan musim hujan, jumlah penderita penyakit DBD di Kota Dumai melonjak drastis.

Bulan November Ini Jumlah Pasien DBD di Dumai Melonjak Drastis
ist
nyamuk dbd 

tribunpekanbaru.com - Kepala Seksi Pelayanan Medis RSUD Kota Dumai, dr Bakrie mengungkapkan, terhitung sejak Januari hingga November 2019, tercatat ada 803 pasien terserang penyakit DBD yang ditangani Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai.

Dari 803 pasien itu, ada tiga pasien anak yang meninggal dunia akibat DBD. Ketiga anak tersebut dibawa ke RSUD Dumai ketika sudah masuk tingkat paling membahayakan yakni DSS (Dengue Shock Syndrom).

"Hingga November 2019 ada 803 pasien DBD kita tangani, dengan 3 anak meninggal dunia. Satu warga Kelurahan Bagan Besar meninggal dunia Januari lalu, kemudian warga Kelurahan Teluk Binjai meninggal dunia pada 4 November 2019, dan satu lagi pasien dari Kecamatan Sungai Sembilan pada 12 November 2019," terangnya.

Untuk jumlah pasien DBD yang ditangani setiap bulan berkisar antara 20-60 pasien. Namun jumlah penderita DBD meningkat signifikan pada November, yaitu mencapai 239 pasien.

"Secara keseluruhan, pasien terserang DBD di usia 5-15 tahun. Sesuai data, pasien DBD yang kita tangani di Bulan November ini mencapai 239 orang. Artinya, jika di bandingkan bulan lainnya, jumlah pasien meningkat cukup signifikan di bulan ini," ungkapnya.

Adapun wilayah yang rentan terserang DBD di Dumai adalah tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sungai Sembilan meliputi Kelurahan Tanjung Penyebal dan Basilam Baru. Kemudian Kecamatan Dumai Timur dua kelurahan yaitu Jaya Mukti dan Bukit Batrem, serta terakhir Kecamatan Bukit Kapur di Kelurahan Bagan Besar dan Bukit Kapur.

Belajar dari pengalaman tiga pasien meninggal dunia karena keterlambatan penangan, Bakrie mengimbau masyarakat agar segera membawa anak ke rumah sakit jika mengalami demam yang diduga DBD. "Segera bawa ke rumah sakit untuk dapat perawatan intensif sebelum terlambat," ujarnya mengingatkan. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved