Simulasi CAT CPNS 2019

Simulasi CAT CPNS 2019 Hari Ini di Pekanbaru, BKN: Persiapan untuk Hadapi CPNS

Gelombang Simulasi CAT CPNS 2019 yang pertama digelar pada 4 dan 5 Desember dan gelombang kedua 11 dan 12 Desember.

Simulasi CAT CPNS 2019 Hari Ini di Pekanbaru, BKN: Persiapan untuk Hadapi CPNS
Tribun Pekanbaru/Nasuha Nasution
Penanggungjawab pelaksanaan simulasi CAT BKN di kantor Regional XII Pekanbaru Mohammad Abrar. 

Simulasi CAT CPNS 2019 Hari Ini di Pekanbaru, BKN: Persiapan untuk Hadapi CPNS

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Kantor Regional XII Pekanbaru Rabu (4/12/2019) mulai menggelar Simulasi CAT CPNS 2019 di Pekanbaru bagi peserta yang mendaftar tes CPNS.

BKN menggelar Simulasi CAT CPNS 2019 ini selama empat hari dengan dua gelombang.

Gelombang Simulasi CAT CPNS 2019 yang pertama digelar pada 4 dan 5 Desember dan gelombang kedua 11 dan 12 Desember.

Setiap hari ada tiga sesi yang ikut ujian dimana satu sesinya ada 90 peserta untuk ikut simulasi tersebut.

Menurut penanggungjawab pelaksanaan Simulasi CAT BKN di kantor Regional XII Pekanbaru Mohammad Abrar, Simulasi CAT CPNS 2019 tersebut diselenggarakan untuk persiapan menghadapi ujian CPNS dan sosialisasikan CAT bagi masyarakat.

"Persiapan untuk hadapi CPNS, ini juga husus bagi yang sudah registrasi dan sudah terdaftar dan siap mengikuti CPNS,"ujar Abrar kepada Tribunpekanbaru.com Rabu.

Abrar mengatakan animo masyarakat untuk diadakan simulasi CAT ini tinggi.

Seharinya yang ikut simulasi di BKN ini sendiri 270 orang dengan pelaksanaan selama empat hari, sehingga total keseluruhan 1080 peserta.

"Tidak ada jaminan juga ketika nilainya bagus di simulasi nanti pada saat ujian aslinya bisa lulus, karena untuk soal sendiri tidak ada yang tahu, itu milik Panselnas," ujar Abrar.

Peserta tengah serius mengikuti simulasi ujian CPNS melalui sitem Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Negara (BKN), Pekanbaru Rabu (4/12/2019). BKN menggelar selama empat hari dengan dua gelombang, gelombang pertama digelar pada tanggal 4 dan 5 Desember, gelombang kedua 11 dan 12 Desember. Setiap hari ada tiga sesi yang mengikuti ujian, satu sesinya ada 90 peserta dengan 100 soal yang harus dikerjakan selama 90 menit. Sejak dibuka secara online, sebanyak 1080 kuota pendaftaran yang disediakan untuk simulasi langsung habis dalam waktu 40 menit. Yang dapat mengikuti simulasi tersebut haruslah peserta yang sudah teregistrasi CPNS. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY).
Peserta tengah serius mengikuti simulasi ujian CPNS melalui sitem Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Negara (BKN), Pekanbaru Rabu (4/12/2019). BKN menggelar selama empat hari dengan dua gelombang, gelombang pertama digelar pada tanggal 4 dan 5 Desember, gelombang kedua 11 dan 12 Desember. Setiap hari ada tiga sesi yang mengikuti ujian, satu sesinya ada 90 peserta dengan 100 soal yang harus dikerjakan selama 90 menit. Sejak dibuka secara online, sebanyak 1080 kuota pendaftaran yang disediakan untuk simulasi langsung habis dalam waktu 40 menit. Yang dapat mengikuti simulasi tersebut haruslah peserta yang sudah teregistrasi CPNS. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). (Tribun Pekanbaru/Theo Rizky)

Diadakannya simulasi CAT ini menurut Abrar hanya mengarahkan bagaimana biar tahu proses tes CAT dan mengetahui alur serta sosialiasi kepada masyarakat yang belum paham.

"Sekalian sistemnya sama dengan yang nyata kalau telat tidak diterima, jadi dengan simulasi ini membiasakan peserta,"ujarnya.

Sebagaimana diketahui untuk passing grade nilai kelulusan yang diterapkan Menpan-RB tahun ini sesuai Permenpan Nomor 24 tahun 2019 dimana Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65, Tes Intelegensi Umum (TIU) 80 dan Tes Kepribadian (TKP) 126.

Dari sesi pertama pelaksanaan sikulasi CAT dari 90 peserta masih banyak yang tidak lulus khusus pada TIU dimana standar nilainya 80 masih banyak dibawah itu. (Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution)

Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved