Berita Riau

Pasangan Calon Perseorangan Belum Muncul di Pilkada Kuansing Riau

Pasangan calon perseorangan di Pilkada Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau belum ada terlihat.

Pasangan Calon Perseorangan Belum Muncul di Pilkada Kuansing Riau
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
Ilustrasi calon perseorangan pada Pilkada Kuansing 2020. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TELUK KUANTAN - Hingga kini, pasangan calon perseorangan di Pilkada Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau belum ada terlihat. Hal ini sudah diprediksi sebelumnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuansing Irwan Yuhendi mengatakan sejauh ini belum ada pasangan calon perseorangan yang secara resmi berkonsultasi dengan KPU Kuansing.

"Kalau nanya-nanya ada. Tapi secara resmi konsultasi ke KPU belum ada," kata Irwan Yuhendi, Minggu (19/1/2020).

Di tengah masyarakat juga tidak terlihat gerakan mengumpulkan fotokopi KTP sebagai syarat dukungan untuk calon perseorangan. Berdasarkan tahapan KPU Kuansing, pada 19- 23 Februari nanti, merupakan waktu penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon

Bupati dan Wakil Bupati perseorangan ke KPU. Tahapan selanjutnya, pengecekan jumlah dukungan dan sebaran serta verifikasi administrasi dan kegandaaan dokumen.

Waduh, Buaya Sepanjang 2 Meter Tersangkut di Jaring Nelayan di Kepulauan Meranti Riau

Pelamar CPNS Tak Ikuti Prosedur,Nasib Peserta Tak Stempel Kartu Belum Diputuskan BKPP Kuansing Riau

Sudah yang Kedua Kalinya, Buaya Muncul di Sekitar Pelabuhan Kabil, Nongsa, Batam

KPU sudah mengumumkan minimal jumlah dukungan masyarakat dalam bentuk penyerahan fotokopi KTP bagi pasangan calon perseorangan. Yakni minimal ada 22.490 dukungan.

Jumlah dukungan tersebut merupakan 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) kuansing yakni 224.898 pemilih. Angka 10 persen ini memang merupakan aturan dari UU.

KPU Kuansing terus membuka diri bagi pihak-pihaknya yanh ingin berkonsultasi terkait dengan pasangan calon perseorangan. Begitu juga hal lainnya yang juga berkaitan dengan pilkada.

Irwan mengatakan dalam sejarah Pilkada Kuansing selama ini memang belum ada pasangan calon yang maju dari jalur perseorangan atau independen. Selama ini, pasangan calon yang berlaga berasal dari usungan partai politik.

"Ini (jalur independen) kan juga amanah undang-undang," ujarnya.

Sejauh ini, sejumlah calon yang akan berlaga di Pilkada Kuansing sudah mulai bermunculan.

Diantaranya, sang petahana Mursini. Begitu juga Wakil Bupati Halim. Ketua DPRD Kuansing Andi Putra juga maju. Ada dr Fahdiansyah SpOG, Jon Tikal, Indra Putra dan lainnya. (Tribunpekanbaru.com/dian maja palti siahaan)

Penulis: Dian Maja Palti Siahaan
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved