Berita Riau

RSUD Selasih Riau Siapkan Ruang Isolasi, Antisipasi Virus Corona, Dua Dokter Spesialis Disiagakan

RSUD Selasih Pelalawan, Provinsi Riau menyiapkan ruang isolasi sebagai antisipasi penyebaran virus corona

RSUD Selasih Riau Siapkan Ruang Isolasi, Antisipasi Virus Corona, Dua Dokter Spesialis Disiagakan
Istimewa
Diskes Pelalawan siapkan ruangan isolasi di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci setelah menggelar rapat koordinasi mengantipasi virus Corona. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau menyiapkan ruang isolasi sebagai antisipasi penyebaran virus corona. Meskipun hingga kini, belum ada warga yang terpapar virus dari Kota Wuhan, Cina itu

Diskes Pelalawan telah mengambil langkah-langkah antisipasi jika sewaktu-waktu virus corona sampai ke Pelalawan.

"Kemarin kita melakukan rapat koordinasi bersama semua jajaran, termasuk RSUD dan puskesmas terkait virus corona ini," kata Kepala Diskes Pelalawan, Asril M Kes, Rabu (29/1/2020).

Diskes telah memerintahkan 14 puskesmas dan RSUD Selasih untuk siaga. Tim gerak cepat dibentuk terdiri dari dokter spesialis paru-paru dibantu paramedis lainnya.

"Kita juga menyediakan satu ruangan isolasi di RSUD Selasih, untuk memeriksa apakah warga yang dicurigai merupakan suspect virus corona. Gunanya untuk itu," tambah Asril.

Di samping itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Pelalawan yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA) khususnya yang berasal dari Cina.

Kesehatan TKA tersebut harus diperiksa, apalagi jika yang bersangkuta baru datang dari negeri asalnya.

Asril mengatakan, ruang isolasi yang disiagakan berada di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Selasih yang dilengkapi dengan alat kesehatan (alkes) pendukungnya.

Tim penanganan yang dibentuk Diskes dan RSUD Selasih akan melayani di ruang isolasi yang dipimpin dua dokter spesialis yakni spesialis paru dan anak, dibantu beberapa perawat.

"Alat Pelindung Diri atau APD juga sudah kita siapkan sesuai standar penanganan penyakit KLB seperti virus corona ini," ungkap Direktur RSUD Selasih Pangkalan Kerinci, dr Khairul.

Halaman
12
Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved