Sadar Banyak Disorot, KPU Dumai Ingatkan Pelaksana Pilkada Agar Berintegritas

KPU Dumai melantik 35 PPK yang akan bertugas di tujuh Kecamatan di Kota Dumai pada pilkada yang akan berlangsung beberapa bulan lagi.

Sadar Banyak Disorot, KPU Dumai Ingatkan Pelaksana Pilkada Agar Berintegritas
tribun pekanbaru
Ketua KPU Dumai, Darwis, melantik 35 PPK yang akan bertugas di tujuh kecamatan di Kota Dumai untuk pelaksanaan pilkada 2020. 

tribunpekanbaru.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dumai, Darwis, melantik 35 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Dumai, di Pendopo Sri Bunga Tanjung, Sabtu (29/2) lalu.

Anggota PPK untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota Dumai tahun 2020 yang dilantik tersebut, merupakan hasil penjaringan yang sebelumnya dilaksanakan KPU Kota Dumai.

Pelantikan tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Dumai, Eko Suharjo, Asisten I Setdako Dumai Hamdan Khamal, Kepala Disdukcapil Dumai Suwardy, Ketua Bawaslu Dumai Zulfan ST, perwakilan Forkopimda Dumai, Komisioner KPU Dumai serta undangan lainnya.

Darwis menjelaskan, ke-35 anggota PPK yang dilantik akan menjalankan tugas di tujuh kecamatan yang ada di Kota Dumai. "Tugas kita berat dan sangat banyak disorot, untuk itu seluruh penyelenggara Pilkada Dumai termasuk PPK dan nantinya PPS, harus berkoordinasi dan menjalin komunikasi yang baik," katanya.

PPK yang baru dilantik diharapkan segera memilih ketua PPK, dan segera membentuk sekretariat dengan berkoordinasi bersama camat setempat.

"Dengan komunikasi dan koordinasi, apapun persoalan bisa selesai. Ada regulasi baru, sehingga harus selesai selama satu minggu untuk nama-nama ketua, dan untuk sekretariat PPK segera berkoordinasi bersama camat," katanya mengingatkan.

Selain itu, menurutnya, usai pelantikan PPK, dalam waktu dekat akan dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilaksanakan berdasarkan alamat.

"Data sangat sulit singkron, tapi penyelenggara harus berusaha maksimal. Mari mengajak eluruh komponen untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada Dumai 2020," katanya lagi.

Menurutnya, pada Pilkada 2015 silam, Dumai menjadi yang terbaik di Riau dalam hal keterbukaan informasi publik dan transparansi. Partisipasi pemilih mencapai 88,4 persen, tentunya ini jadi tugas sangat berat untuk meningkatkan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Dumai, Eko Suharjo, meyakini PPK yang dilantik merupakan hasil seleksi profesional oleh KPU Dumai. Dengan perekrutan yang transparan dan berintegritas, tentunya semua kalangan masyarakat berharap Pilkada Dumai nanti bisa berjalan baik.

"Bekerja harus hati-hati sesuai tupoksi. Semoga semua amanah, mari jaga itegritas untuk menghasilkan pemimpin berkualitas," pesannya.

"Kita harus berusaha kualitas Pilkada Dumai yang tinggal 208 hari lagi berlangsung sesuai ketentuan, atau pada 23 September 2020 bisa dapat respons baik masyarakat," ujarnya. (dkp)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: rinaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved