Breaking News:

PDBB di Dumai

Pemko DUMAI dan Pemkab Bengkalis Ajukan PSBB ke Kemenkes, Ini Kata Gubernur Riau Syamsuar

Dumai dan Bengkalis sudah siap melaksanakan PSBB. Sekarang kita sedang mempersiapkan proposalnya untuk kita usulkan ke Kementerian Kesehatan

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nolpitos Hendri
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
Pemko DUMAI dan Pemkab Bengkalis Ajukan PSBB ke Kemenkes, Ini Kata Gubernur Riau Syamsuar 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis akhirnya mengikuti jejak Kota Pekanbaru. Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengusulkan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) di dua daerah tersebut.

Setelah resmi mengajukan PSBB ke Pemprov Riau, saat ini Pemprov Riau sedang menyiapkan proposal yang akan disampaikan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terkait usulan pelaksanaan PSBB di dua daerah tersebut.

"Dumai dan Bengkalis sudah siap melaksanakan PSBB. Sekarang kita sedang mempersiapkan proposalnya untuk kita usulkan ke Kementerian Kesehatan," kata Gubernur Riau, Syamsuar, Senin (20/4/2020).

Saat ini pihaknya tengah menyiapkan kajian terhadap dua kabupaten/kota tersebut yang telah menyatakan siap melaksanakan PSBB.

Gubri sudah menginstruksikan kepada kepala daerah di dua daerah tersebut agar mulai melakukan sosialisasi kepada warganya terkait rencana penetapan PSBB ini.

Agar saat sudah mendapatkan persetujuan dari Kemenkes, masyarakat di dua daerah ini sudah siap untuk mengikuti aturan selama masa pelaksanaan PSBB.

"Saya sudah sampaikan ke Plh Bupati Bengkalis dan Walikota Dumai agar mulai disosialisasikan kepada masyarakat, agar nanti mereka lebih siap kalau PSBB sudah mendapat persetujuan dari Kemenkes," ujarnya.

Gubri berharap langkah Dumai dan Bengkalis yang sudah mengusulkan PSBB dapat ikuti oleh Kabupaten yang bertetangga langsung dengan Kota Pekanbaru yakni kabupaten Siak, Pelalawan dan Kampar.

"Siak, Pelalawan dan Kampar kami minta juga segera menerapkan PSBB untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," katanya.

Gubri menyampaikan saat ini kasus penyebaran Covid-19 di Riau semakin meluas.

Selain jumlah PDP dan Pasien Positif yang terus meningkat, saat ini dua daerah di Riau juga masuk zona merah dan menjadi daerah terjangkit yakni Kota Pekanbaru dan Kota Dumai.

"Selain Pekanbaru, Kota Dumai juga sudah dikategorikan sebagai daerah transmisi lokal oleh pusat. Jadi sampai sekarang di Riau ada dua daerah yang transmisi lokal. Pertama Pekanbaru dan kedua Dumai," ucapnya.

Sebagai pedoman penetapan PSBB di kabupaten kota di Riau, Gubernur Riau mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 22 tahun 2020 tentang pedoman PSBB dalam penanganan Covid-19 di Riau.

Dalam Pergub tersebut diuraikan sejumlah poin terkait aturan PSBB yang nanti bisa dijalankan oleh kabupaten kota di Riau.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved