China Semakin Merajalela, Usai Usik Negara-negara Laut China Selatan, Kini Baku Hantam Dengan India

sebuah sumber militer, mengatakan empat tentara India dan tujuh tentara China terluka ketika ratusan tentara saling baku hantam

AFP
Perbatasan negara India dan China, di dekat sektor Naku La di Sikkim, lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut di kawasan Himalaya. Pada Sabtu 9 Mei 2020 terjadi ketegangan hingga terjadi baku hantam antara tentara India dan China. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Untuk mendukung klaim teritori lautnya di Pasifik Selatan, China membangun militernya dalam skala besar.

Tak pelak dengan kekuatan militernya yang sedang tumbuh pesat, banyak negara sekawasan pasang kuda-kuda menghadapi negeri Tirai Bambu.

Mulai dari negara-negara Asia Tenggara, Jepang, Taiwan dan terbaru India.

Kementerian Pertahanan India pada hari Minggu (10/5/2020) mengatakan, pasukan India dan China yang bertugas melakukan patroli perbatasan terlibat pertempuran kecil di Sikkim, negara bagian India timur laut yang berbatasan dengan China.

Kementerian Pertahanan India menyalahkan kedua pihak atas insiden tersebut.

Tentara India dan tentara China baku hantam di perbatasan
Tentara India dan tentara China baku hantam di perbatasan (serbadidunia.wordpress.com)

"Perilaku agresif oleh kedua belah pihak mengakibatkan cedera ringan pada pasukan."

"Kedua pihak melepaskan diri setelah dialog dan interaksi di tingkat lokal," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan seperti yang dikutip Reuters.

Harian India Hindustan Times, mengutip sebuah sumber militer, mengatakan empat tentara India dan tujuh tentara China terluka ketika ratusan tentara saling baku hantam selama konfrontasi, yang dikatakan berlangsung pada hari Sabtu.

Disebutkan, pertikaian itu melibatkan sekitar 150 tentara.

Kementerian Pertahanan Tiongkok belum memberikan pernyataan resminya terkait hal ini.

India dan China sering saling tuduh atas gangguan di wilayah masing-masing, tetapi jarang terjadi bentrokan.

Masih ada ketidakpercayaan yang mendalam antara kedua negara atas sengketa perbatasan mereka yang membara, yang memicu perang singkat pada tahun 1962.

Ratusan tentara dari kedua belah pihak dikerahkan pada tahun 2017 di dataran tinggi Doklam, dekat perbatasan India, Bhutan, dan China setelah India keberatan dengan pembangunan jalan China di daerah Himalaya, dalam kebuntuan kesepakatan paling serius selama bertahun-tahun.

(*)

Artikel ini telah tayang di Intisari-Online.com dengan judul Libatkakn 150 Tentara, Bukan Hanya dengan Asia Tenggara dan Jepang, Militer China Juga Terlibat Bentrokan dengan India di Perbatasan.

Editor: Guruh Budi Wibowo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved