Gejala Sesak Napas Disebabkan Covid-19 dengan Serangan Jantung Berbeda, Ini Penjelasannya  

Termasuk penyakit yang disebabkan karena terjangkit Virus Corona atau Covid-19 yang gejalanya mirip dengan penyakitnya lain.

Boldsky.com
Ilustrasi sesak napas. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Beberapa penyakit memiliki gejala yang hampir mirip.

Termasuk penyakit yang disebabkan karena terjangkit Virus Corona atau Covid-19 yang gejalanya mirip dengan penyakitnya lain.

Misalnya gejala sesak napas yang juga dirasakan oleh penderita penyakit lain seperti serangan jantung.

Lalu bagaimana perbedaan sesak napas karena covid-19, sesak napas akibat serangan jantung?

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr. David Dwi Ariwibowo SpPJ menjelaskan kalau sesak napas karena covid-19 biasanya napas berat disertai dengan riwayat penyakit lainnya seperti demam.

 

Kemudian poin utamanya sesak napas akibat covid-19 dirasakan setelah bepergian dari tempat yang terdapat kasus covid-19 atau pernah kontak dengan orang yang terdeteksi covid-19.

Ibunya Disebut Pelakor, Putrinya Kena Imbas Dibilang Hamil Duluan, Lihat Reaksi Putri Mulan Jameela

Tak Seperti Biasanya, Aisyahrani Lemas Ketika Aib Kakaknya Syahrini Dibongkar Laurens

Ibunya Kerja di Kalimantan, Kisah Gadis Kecil Hamil 9 Bulan Hingga Melahirkan Usai Tidur di Depan TV

7 Solusi Alami Meringankan Sesak Nafas
7 Solusi Alami Meringankan Sesak Nafas (boldsky.com)

"Kalau sesak napas karena covid pertama ada riwayat kontak, kemudian ada riwayat pergi ke zona merah kemudian ada riwayat demam, kemudian berkomplikasi seperti sesak tambah berat," ucap dr. David saat webinar, Selasa (12/5/2020).

Sedangkan sesak napas karena serangan jantung biasanya terjadi mendadak tanpa riwayat demam.

Lalu sesak napasnya benar-benar terasa berat bahkan memancing timbulnya nyeri di sekitaran jantung dan terasa keringat dingin.

"Tidak ada riwayat covid-19 mendadak ada nyeri dada yang hebat, keringat dingin, itu murni serangan jantung," ungkap dr. David.

Dr. David menjelaskan saat ini covid-19 menimbulkan komplikasi hampir ke seluruh tubuh, tidak hanya sistem pernapasan tapi juga komplikasi cardiovaksular misalnya pada otot jantung.

"Baru-baru ini pada sitem jantung menggangu pembuluh darah ke jantung sehingga menimbukkan resiko serangan jantung yang memperberat kondisi pasien," kata dr. David.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Gejalanya Mirip, Ini Beda Sesak Napas Akibat Covid-19 dan Serangan Jantung, https://www.tribunnews.com/kesehatan/2020/05/13/gejalanya-mirip-ini-beda-sesak-napas-akibat-covid-19-dan-serangan-jantung.
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani

Editor: M Iqbal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved