Tak Mesti Keliling Kota, SiKasep Mudahkan Pencarian Rumah Idaman

Melalui fitur Lokasi Rumah Idaman Anda dan Perumahan Sekitar Rumah Idaman, Dia dengan mudah menyisir Kota Pekanbaru secara virtual

Tribunpekanbaru.com/Firmauli Sihaloho
Aplikasi SiKasep mudahkan masyarakat dalam mencari hunian tanpa keluar rumah. Melalui SiKasep pengguna secara online terhubung antara pemerintah, bank pelaksana, dan pengembang dengan menggunakan sistem host to host. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Keinginan Nanik Rahayu memiliki rumah sendiri pada tahun ini sudah mantap. Sebab, sejak akhir 2014 lalu, Dia bersama suami yang baru menikah kerap berpindah rumah kontrakan hingga dikarunia seorang putra pada tahun 2016.

Selama itu pula Dia selalu berusaha menabung dan menangkap berbagai peluang yang ada. Terakhir, Ia bersama keluarga membuka jasa pembuatan masker dan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19.

Soal memilih hunian idaman, Nanik menegaskan hal terutama ialah fasilitas rumah yang ditawarkan.

“Tak mesti dekat dengan pusat kota, yang penting nyaman, bebas banjir dan air bersih,”kata perempuan yang sehari-hari menerima pesanan aneka kuliner di rumah ini.

Pada Sabtu (23/5/2020) lalu, Ia bersama suami mengunjungi beberapa lokasi perumahan. Salah satunya di Jalan Indrapuri, Pekanbaru. Dengan menjalankan protokol kesehatan Covid-19,  Dia menghubungi penulis melalui WhatsApp yang kebetulan tinggal di perumahan itu.

Nanik bertanya sejumlah informasi mengenai lokasi perumahan tersebut. Seperti ketersediaan air bersih, kenyamanan dan keamanan.

Melalui pesan tersebut, Dia mengatakan sudah mengunjungi beberapa lokasi perumahan yang Ia ketahui dari brosur dan temannya.

“Masih survei cari yang pas. Sekarang di dekat Pasar Pagi Arengka. Habis lihat perumahan di Jalan Unggas tadi,” sambungnya,

Daripada harus mengelilingi kota Pekanbaru, apalagi di masa pandemi, Tribun menyarankan mengunggah aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) di Google Playstore. Melalui aplikasi itu, Nanik nantinya bisa menyortir perumahan sesuai lokasi yang diinginkan.

Berdasarkan pantuan dan pengalaman Tribun di Pekanbaru, banyak masyarakat kebingungan dalam mencari hunian. Sering dijumpai masyarakat yang meluangkan waktu dan tenaga lebih untuk mengelilingi satu kota dalam mencari rumah idaman. Tak jarang pula mereka tersesat sebelum sampai ke lokasi. Itupun kalau sesuai dengan ekspektasi.

Halaman
123
Penulis: Firmauli Sihaloho
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved