Breaking News:

Pelalawan

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemda Pelalawan Tak Gelar Pawai Takbir dan Shalat Idul Adha 2020

Selain pawai takbir dan shalat ID,Pemda juga tidak menggelar open house di rumah pimpinan seperti Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda Pelalawan.

Tribun Pekanbaru/Johanes Wowor Tanjung
Pelaksanaan Pawai Takbir di Pelalawan Riau beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Besok, Jumat (31/7/2020), merupakan Hari Raya Idul Adha yang dirayakan semua umat muslim termasuk masyarakat di Kabupaten Pelalawan Riau.

Namun lantaran pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) belum tuntas sepenuhnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan memastikan tidak menggelar agenda perayaan Idul Adha.

Pemda tidak melaksanakan pawai takbir Idul Adha seperti tahun 2019 lalu. Bahkan secara resmi Pemkab tak melaksanakan Shalat Idul Adha layaknya tahun-tahun sebelumnya.

Sekeluarga di Pelalawan Positif Covid-19 , Lima Pasien Dirawat di RS Swasta Pekanbaru

"Tapi di Mesjid Ulul Azmi tetap dilaksanakan Shalat Idul Adha, tapi bukan atas nama Pemda. Silahkan masyarakat yang ingin shalat di sana," tutur Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan, H Akmamul Hadi, kepada tribunpekanbaru.com, Kamis (30/7/2020).

Selain pawai takbir dan shalat ID, lanjut Akmamul Hadi, Pemda juga tidak menggelar open house di rumah pimpinan seperti Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Pelalawan.

Untuk menghindari keramaian yang dapat berpotensi menjadi wadah penyebaran Covid-19.

Satu Keluarga di Pelalawan Positif Covid-19 Pulang dari Medan Sumut, Tinggal di Komplek Perusahaan

Pemda telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang diteken langsung oleh Bupati Pelalawan HM Harris, terkait pelaksanaan sholat Idul Adha dan pembagian hewan qurban 1441 Hijriah.

SE itu berisi larangan melakukan pawai takbir keliling pada malam Lebaran Haji. Takbir disarankan untuk dilakukan di mesjid atau mushallah bagi masyarakat yang ingin melaksanakannya.

"Sholat Idul Adha sebaiknya tidak secara terpusat, tetapi terpencar di mesjid atau mushallah, guna menghindari kerumunan masyarakat," tandas Akmamul Hadi.

Tenaga Kesehatan Rawan Tertular Covid-19, Diskes Pelalawan Imbau Taat SOP dan Jaga Stamina

Proses penyembelihan hewan qurban dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan dan daging qurban diantar langsung ke rumah warga agar tidak menciptakan keramaian.

Hal itu berpedoman kepada SE Menteri Agama RI nomor 18 tahun 2020. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved