Breaking News:

Pekan Life

Sehari, Hampir 60 Orang Terjaring Razia Karena Tak Memakai Masker di Kota Pekanbaru

Sebanyak 59 pelanggar terjaring di dua titik Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru lantaran tidak mengenakan masker.

Tribunpekanbaru.com
Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, Senin (10/8), menggelar razia penegakan hukum bagi warga yang tidak memakai masker di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru tepatnya didepan Sukaramai Trade Center. 

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Puluhan orang terjaring dalam razia pelanggar protokol kesehatan di Kota Pekanbaru, Senin (10/8/2020). Ada 59 orang yang terjaring dalam razia pelanggar protokol kesehatan di hari pertama.

Data dari Satpol PP Kota Pekanbaru, pelanggar terjaring di dua titik Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru lantaran tidak mengenakan masker. Mereka terjaring saat melintas di depan STC dan depan Sudirman Square.

Ada 35 orang yang terjaring dalam penindakan di depan STC. 27 orang di antaranya kena sanksi kerja sosial dan delapan orang lagi sanksi denda.

Kemudian 24 orang lagi terjaring di depan Sudirman Square. 23 di antaranya memilih sanksi kerja sosial dan satu orang sanksi.

Siap-Siap Tim Gabungan Sudah Beri Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan di Kota Pekanbaru

Besaran denda bagi pelanggar mencapai Rp 250.000 untuk sekali pelanggaran.

Walikota Pekanbaru, Firdaus menyebut bahwa masyarakat yang terjaring bisa menyampaikan kepada rekan-rekannya. Mereka bisa mengingatkan agar tetap mengenakan masker saat berada di keramaian dan tempat umum.

"Ikuti protokol kesehatan, kita tegaskan bahwa memakai masker wajib. Kalau tidak maka kita tindak tegas," ujarnya.

Ada dua sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan. Mereka mendapat sanksi administrasi dan sanksi kerja sosial.

Sanksi ini sesuai Peraturan Walikota Pekanbaru No.130 tahun 2020 tentang Prilaku Hidup Baru dan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

Masyarakat wajib menggunakan masker saat berada di tempat umum, perkantoran maupun tempat ibadah agar menerapkan protokol kesehatan.

Video: Ada yang Pilih Sanksi Kerja Sosial Saat Terjaring Razia Masker di Pekanbaru

Plt Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Burhan Gurning menyebut bahwa tim bakal menyasar pusat keramaian dalam satu pekan ini. Tim menyebar di pusat kota dan perbatasan kota.

Ia menegaskan bahwa pemberian sanksi denda ini bukan untuk pendapatan daerah. Pemberian sanksi ini agar masyarakat lebih disiplin ikuti protokol kesehatan.

"Jadi kita ingin mengingatkan masyarakat agar disiplin ikuti protokol kesehatan, bagi pelanggar dapat sanksi, agar bisa punya kesadaran," terangnya.

(Tribunpekanbaru.com/Fernando Sikumbang)

Penulis: Fernando
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved