Breaking News:

Penanganan Covid

Doni Monardo Yakinkan Seluruh Komponen Optimis untuk Putus Rantai Penularan COVID-19

Berkaca dari berbagai dinamika yang dihadapi Indonesia dalam penanganan COVID-19, Doni masih melihat ada langkah-langkah positif yang pernah diraih.

Penulis: Ilham Yafiz | Editor: Ilham Yafiz
TRIBUNNEWS / JEPRIMA
Petugas medis menunjukkan hasil rapid test antigen Covid-19 dari para calon penumpang dan juga sopir bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (25/12/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pandemi Covid-19 masih terjadi di Indonesia hingga kini sudah hampir 10 bulan lamanya Virus Corona menginfeksi di tanah air.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyampaikan bahwa hingga kurun waktu hampir 10 bulan penanganan pandemi COVID-19 di Tanah Air, belum ada satu pun yang dapat mengetahui kapan penyakit yang disebabkan karena infeksi virus SARS-CoV-2 itu berakhir.

Hal itu juga terjadi di sebagian besar negara-negara di dunia, yang masih berlomba untuk menangani pandemi hingga saat ini.

Berkaca dari berbagai dinamika yang dihadapi Indonesia dalam penanganan COVID-19, Doni masih melihat ada langkah-langkah positif yang pernah diraih.

"Kita juga belum tahu kapan COVID-19 ini akan berakhir, namun di sela-sela dinamika yang terjadi, kita melihat ada langkah-langkah yang sangat positif yang pernah kita raih," ucap Doni dalam Webinar: "Kaleidoskop Kebencanaan 2020 dan Prediksi Fenomena Serta Potensi Bencana Tahun 2021" secara daring di Jakarta, Selasa (28/12/2020).

Menurut catatan, Indonesia pernah mengalami kenaikan angka kasus COVID-19 yang siginifikan pada akhir bulan September 2020.

Kemudian, Pemerintah Indonesia melalui Satgas Penanganan COVID-19 telah mampu menekan angka kasus hingga berada jauh di posisi rata-rata global pada tanggal 10 November 2020, melalui upaya sinergitas seluruh komponen Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah dan masyarakat.

"Kemudian kita mampu menekan angka kasus tersebut sampai ke posisi di angka 12,12 persen (dari rata-rata kasus global) yaitu tepatnya pada tanggal 10 November 2020," ungkap Doni.

Menurut Doni, upaya dan strategi pemerintah dalam rangka memerangi COVID-19 dengan pelibatan aktif seluruh komponen adalah langkah yang sangat tepat.

Terlebih adanya dukungan penuh dari masyarakat, melalui penerapan protokol kesehatan secara disiplin.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved