Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Warga Meranti Pandak Minta Bangun SMPN, Ini Reaksi Ketua Fraksi Demokrat DPRD Pekanbaru

Aspirasi tersebut diutarakan saat kegiatan Musrenbang Kecamatan, yang digelar di Kantor Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Selasa petang kemarin.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Warga Kelurahan Meranti Pandak, Rumbai, menyampaikan aspirasinya kepada Anggota DPRD Pekanbaru Aidil Amri S Sos dan perangkat Kecamatan Rumbai, terkait tidak adanya SMPN di daerahnya.

Aspirasi tersebut diutarakan saat kegiatan Musrenbang Kecamatan, yang digelar di Kantor Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Selasa petang kemarin.

Seperti diketahui, di Kelurahan Meranti Pandak sampai saat ini, tidak ada bangunan SMPN, untuk menampung siswa-siswi yang tamat SD. Ironisnya, Kelurahan ini tidak pernah masuk ke dalam sistem zonasi untuk SMPN. Sehingga siswa-siswi daerah itu yang tamat SD, mau tidak mau melanjutkan sekolah ke sekolah swasta.

"Ya, saya dengar langsung permintaan warga ini. Harus kita ketahui  bahwa pembangunan sekolah ini tanggungjawab Disdik Pekanbaru, harusnya ini sudah ada di perencanaan Disdik untuk membangun SMPN," kata Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kota Pekanbaru Aidil Amri, Rabu (10/2/2021)  kepada Tribunpekanbaru.com.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Pekanbaru Aidil Amri S Sos
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Pekanbaru Aidil Amri S Sos (Istimewa)

Dijelaskan politisi senior ini, bahwa pembangunan SMPN baru tersebut, harus segera direalisasikan, demi menampung anak-anak tempatan bisa melanjutkan pendidikan.

Apalagi memang urusan pendidikan ini menjadi suatu kewajiban dan itu diamanahkan dalam UUD 45.

"Disdik harusnya sudah masukkan ini dalam program kerjanya. Buka mata, harusnya ini menjadi atensi prioritas, bukan malah diam tanpa solusi seperti sekarang. Warga sudah usulkan dua tahun belakangan ini, namun belum ada respon dari Disdik sampai ," sebutnya.

Untuk tahun ini, Aidil sangat mafhum dengan kondisi keuangan daerah. Apalagi untuk membangun sekolah baru. Karena itu, Aidil menawarkan solusi dengan memanfaatkan fasilitas yang ada untuk di merger menjadi SMP.

Di Meranti Pandak sendiri saat ini, ada bangunan SDN 120 Jalan Pesisir Ujung, dan satu bangunan kosong. "Ini kami usulkan untuk dijadikan SMPN merger, coba lah Disdik upayakan ini, karena di masa ekonomi warga yang serba susah,  nggak mungkin anaknya semua masuk sekolah swasta, " pintanya .

"Ke mana warga mengadu lagi, respon Dinas tidak ada. Makanya ini kita minta lagi, tahun ini jelang penerimaan harus sudah ada solusi dari Disdik, " katanya seraya menegaskan, bahwa ikhwal ini sudah disampaikannya ke Walikota Pekanbaru Firdaus MT.

Halaman
12
Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved