Breaking News:

Rusia Tarik Pasukannya Di Perbatasan Usai Putin Diajak Ketemuan Presiden Ukraina

Mulai Maret hingga Juni nanti, lebih dari 28.000 pasukan dari 26 negara akan melakukan latihan di lebih dari 30 area pelatihan di selusin negara di Er

ALEXEY NIKOLSKY / SPUTNIK / AFP
Presiden Rusia, Vladimir Putin 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Rusia tiba-tiba menarik pasukannya dari wilayah perbatasan dengan Ukraina.

Sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menantang Putin untuk bertamu muka di wilayah perbatasan.

Belum sempat pertemuan itu terjadi, Putin telah memerintahkan untuk menarik pasukannya.

Presiden Rusia, Putin memerintahkan komando tertinggi militernya untuk mulai mengembalikan pasukan yang ada di dekat perbatasan Ukraina ke pangkalan mereka mulai Jumat (23/4/2021).

"Saya yakin tujuan dari inspeksi mendadak telah tercapai sepenuhnya. Pasukan telah menunjukkan kemampuan mereka untuk memberikan pertahanan yang kredibel bagi negara," kata Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu seperti dikutip kantor berita RIA dan dilansir Reuters.

"Dalam hal ini, saya telah memutuskan untuk menyelesaikan inspeksi di Distrik Militer Selatan dan Barat," ujarnya yang menambahkan, pasukan akan kembali ke pangkalan mereka pada 1 Mei.

Hanya tidak jelas, apakah perintah kembali ke pangkalan mencakup semua kekuatan yang terlibat dalam penumpukan pasukan Rusia di perbatasan Ukraina.

Shoigu, setelah mengawasi latihan di Krimea dekat perbatasan Selatan Ukraina pada Kamis (22/4/2021), mengatakan, militer Rusia harus siap untuk menanggapi dengan cepat. 

Itu, menurut Shoigu, jika terjadi perkembangan yang "tidak menguntungkan" dalam situasi di dekat latihan NATO bertajuk Defender-Europe, kantor berita Interfax melaporkan, seperti dikutip Reuters.

Defender-Europe adalah latihan gabungan multinasional tahunan yang dipimpin oleh Angkatan Darat Amerika Serikat, yang dirancang untuk membangun kesiapan dan interoperabilitas antara militer AS dan NATO serta mitra lainnya.

Mulai Maret hingga Juni nanti, lebih dari 28.000 pasukan dari 26 negara akan melakukan latihan di lebih dari 30 area pelatihan di selusin negara di Eropa.

Halaman
123
Editor: Guruh Budi Wibowo
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved