Breaking News:

Kepulauan Meranti

Tugboat Oleng Saat Air Surut, Kapten dan 5 ABK Terjun Selamatkan Diri, Nahas Dirinya Ikut Tenggelam

Kapal tugboat TB Green Lacosta tenggelam dan kapten kapal bernama Wawan Saputra dinyatakan hilang di sekitar perairan Kecamatan Merbau, Meranti

Penulis: Teddy Tarigan | Editor: CandraDani
IST
Proses pencarian korban hilang kapal Tugboat yang tenggelam di Perairan Desa Lukit, Kepulauan Meranti oleh tim gabungan Kamis (27/5/2021). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, MERANTI - Sebuah kapal tugboat TB Green Lacosta tenggelam di sekitar perairan Dusun Tanjung Gambar, Desa Lukit, Kecamatan Merbau, Kepulauan Meranti Kamis (27/5/2021) pagi.

Dari kejadian tersebut satu orang kapten kapal bernama Wawan Saputra dinyatakan hilang dan saat ini masih dalam proses pencarian.

Demikian disampaikan oleh Kepala Seksi Karhutla dan Kecelakaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Meranti Ekaliptus kepada Tribun Pekanbaru, Jumat (28/5/2021).

Dijelaskan Ekaliptus proses pencarian korban melibatkan tim gabungan yang terdiri dari BASARNAS, BPBD Kepulauan Meranti, KPLP, dan pihak kepolisian.

Baca juga: Truk Tangki Mundur Tabrak Pagar Hingga Roboh dan Masuk Parit, Warga Kaget Dapati Kondisi Sang Sopir

Baca juga: Bus Terbalik di Jalintim 4 Penumpang Tewas, Sopir Cadangan yang Bawa Bus Kabur, Kini Diburu Polisi

"ABK yang selamat 5 orang, korban hilang 1 orang yang merupakan kapten kapal, total ada 6 korban. Korban selamat sempat keluar dan dapat menyelamatkan diri dengan berenang ke pinggir," ungkap Eka.

Pencarian sudah dilakukan secara intensif oleh tim gabungan begitu mendapatkan informasi kejadian.

"Sejak kemarin sampai malam kita terus melakukan pencarian, walaupun sampai saat ini (siang) memang belum ditemukan," ungkap Eka.

Dijelaskan Eka saat pencarian juga masih terkendala kondisi cuaca dimana angin cukup kencang.

"Memang sempat terkendela arus laut sedang kencang. Namun kita juga akan lanjutkan siang hari setelah selesai istirahat," jelasnya.

Baca juga: Sering Diprovokasi dan Diajak Duel oleh Korban, Akhirnya Kesabaran Pak Kepala Dusun Pun Hilang

Baca juga: Adik Beradik Keroyok Korban yang Pernah Tagih Utang, Pelaku Justru Tuntut Uang Pengobatan 

Dijelaskan Eka, untuk posisi pasti daribtenggelamnya kapal, pihakbya juga masih melakukan pencarian karena baik kapal maupun korban belum ditemukan.

Ekaliptus menjrlaskan, kejadian berawal saat kapal tugboat TB Green Lacosta yang dinahkodai oleh Wawan Saputra warga sedang menunggu memuat bahan baku milik perusahaan yang beroperasi di Pulau Padang di hari kejadian.

Saat arus air laut surut mengalir deras, pada pukul 1:30 dinihari, ABK terlambat mengendurkan tali kapal yang bertambat di jetti pelabuhan, akibatnya kapal terseret arus hingga miring dan tenggelam.

Menurut keterangan ABK, ketika kapal mulai oleng, ia bersama dengan kapten terjun ke laut dan berenang menyelamatkan diri ke arah Jetty, namun ketika ABK sampai ke tepian, ia tidak melihat lagi kapten muncul ke permukaan.

Sejauh ini petugas sedang mengumpulkan informasi terkait tenggelamnya tugboat tersebut.

"Saat ini proses pencarian masih terus dilakukan. Semoga korban bisa segera ditemukan." Pungkasnya. (tribunpekanbaru.com/ Teddy Tarigan)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved