Breaking News:

Laboratorium IPA di SMAN 6 Mandau Terbakar, Kerugian Diperkirakan Sekitar Rp 800 Juta

Bangunan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) 6 Mandau terbakar, Selasa

Istimewa
Ruangan Laboratorium IPA SMAN 6 Mandau Terbakar, Selasa (1/6/2021) malam. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BENGKALIS - Bangunan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) 6 Mandau terbakar, Selasa (1/6/2021) malam tadi.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 21.00 WIB di sekolah yang terletak Jalan Lintas Duri Dumai Kilometer 18 Desa Sebangar Kecamatan Bathin Solapan.

Kebakaran ini diketahui pertama kali petugas keamanan atau Satpam sekolah saat melakukan pemeriksaan situasi sekolah di malam hari. Hal ungkap Kepala Sekolah SMAN 6 Mandau Alfian Lubis saat di konfirmasi tribunpekanbaru.com, Rabu (2/6) pagi.

Menurut dia, saat kejadian pihaknya bersama beberapa staf sekolah masih berada di sekolah. Mereka tengah memperbaiki jaringan internet, api saat diketahui sudah dalam keadaan besar, beruntung tidak menyambar bangunan lain.

"Malam itu sekitar pukul 21.00 WIB Satpam kita lagi keliling melihat lingkungan sekolah, sekaligus kita minta untuk menutup laboratorium komputer. Namun saat berada di sekitaran labor komputer, Satpam ini melihat ke arah laboratoriun IPA muncul percikan api," terang Kepala Sekolah.

Melihat percikan api ini Satpam sempat berteriak meminta bantuan, namun karena laboratorium IPA ini banyak bahan kimia api dengan cepat membakar gedung. Sehingga pihak sekolah tidak sempat melakukan upaya pemadaman secara mandiri.

"Api sudah sangat besar, kita langsung mengontak petugas Damkar. Karena posisi sekolah cukup jauh dari Damkar Mandau sehingga butuh waktu untuk sampai ke lokasi kebakaran," tambahnya.

Begitu petugas Damkar datang api akhirnya berhasil dikuasai dan di padamkan. Sehingga tidak sempat menyambar gedung yang lainnya.

Akibat kebakaran ini, sekolah memprediksi kerugian bisa mencapai Rp 800 juta rupiah termasuk kerugian bahan bahan laboratorium dan bangunannya. Apalagi laboratorium IPA ini baru saja dibenahi pada tahun 2020 kemarin.

"Banyak bahan bahan yang habis, gedung ini juga baru dibenahi, dua pekan lalu baru di kemas, kita sebenarnya berharap nanti saat pembelajaran tatap muka bisa digunakan, tetapi kemarin malah habis terbakar," katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved