Breaking News:

Tergiur Budidaya Lebah Klanceng di Riau?Simak Pengalaman Ruslan Efendi Ini,Sebulan Bisa Raup Segini

Tergiur budidaya lebah klanceng di Riau? Simak pengalaman Ruslan Efendi ini, sebulan bisa raup jutaan rupiah

TRIBUNPEKANBARU/NASUHA NASUTION
Tergiur Budidaya Lebah Klanceng di Riau?Simak Pengalaman Ruslan Efendi Ini,Sebulan Bisa Raup Segini. Foto: Ruslan Efendi menunjukkan kotak-kotak tempat lebah klanceng di rumahnya di Jalan Tenayan Jaya Kelurahan Industri Tenayan, Kecamatan Tenayanraya, Kota Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tergiur budidaya lebah klanceng di Riau? Simak pengalaman Ruslan Efendi ini, sebulan bisa raup jutaan rupiah.

Madu lebah menjadi barang yang dicari pada saat pandemi Covid-19 ini.

Selain banyak manfaat untuk kesehatan, madu lebah juga disarankan bagi masyarakat untuk meningkatkan imun tubuh baik khususnya sebagai upaya pencegahan agar tidak Covid-19.

Saat ini keberadaan madu lebah di pasaran sangat laris, mulai dari madu hutan sialang, madu lebah jenis lain baik itu lebah di pohon kelapa sawit, lebah di pohon jati dan jenis lainnya.

Namun ada yang menarik ditengah kondisi itu, ada seorang warga di Pekanbaru, Riau melakukan peternakan madu lebah klanceng.

Madu lebah jenis ini ternyata memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Ruslan Efendi seorang warga yang tinggal di Jalan Tenayan Jaya Kelurahan Industri Tenayan, Kecamatan Tenayanraya, Kota Pekanbaru ini sudah melakoni ternak atau budidaya lebah klanceng.

Melalui Kelompok Usaha bersama Berkah Madani milik kelompok mereka, Ruslan Efendi memulai bisnis ternak lebah klanceng tersebut.

Pola bisnis lebah klanceng ini melakukan kerjasama dengan perusahaan besarnya di Cirebon.

Jadi tugas peternak ini hanya merawat lebah yang sudah dimasukkan dalam kotak ataupun nonkotak dari perusahaan di Cirebon.

Halaman
1234
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved