Breaking News:

Sampah Masih Menumpuk, Komisi IV DPRD Pekanbaru Minta DLHK Serius Evaluasi Pihak Ketiga

Pengangkutan sampah yang dilakukan pihak ketiga di Kota Pekanbaru, hingga kini masih menyisakan masalah.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Pengangkutan sampah yang dilakukan pihak ketiga di Kota Pekanbaru, hingga kini masih menyisakan masalah. FOTO ILUSTRASI: Pengendara kendaraan melintas didekat tumpukan sampah di Jalan Kapau Sari Ujung, Pematang Kapau, Kulim (Tenayan Raya), Pekanbaru, Jumat (4/6/2021). (www.tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pengangkutan sampah yang dilakukan pihak ketiga di Kota Pekanbaru, hingga kini masih menyisakan masalah.

PT Godang Tua Jaya dan PT Samhana Indah, selaku perusahaan pemenang tender sampah, dinilai legislator belum maksimal dalam mengangkut sampah.

Buktinya, masih banyak tumpukan sampah yang berserakan di pinggir jalan.  Sehingga ini sangat mengganggu keindahan Kota Pekanbaru.

"Termasuk juga sampah di pasar-pasar tradisional. Kan ada yang dikelola swasta dan pemerintah. Ini tanggung jawabnya siapa. Tiap hari menumpuk dan dikeluhkan warga," tegas Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Ruslan Tarigan SPd MH, Minggu (18/7/2021) kepada Tribunpekanbaru.com.

Selain di pasar, tumpukan sampah juga banyak di beberapa pemukiman warga, serta di beberapa titik di Jalan raya yang ada di Kota Pekanbaru.

Kondisi ini harus direspon serius DLHK Pekanbaru, selaku penanggung jawabnya.

"Evaluasi serius pihak ketiga ini. Jangan main-main," pinta politisi PDI-P ini lantang.

Lebih dari itu, DLHK juga diharapkan benar-benar memantau setiap hari kerja pihak ketiga ini. Apalagi sudah ada pembagian zonasinya.

Tujuannya, agar ada peningkatan kinerja dari hari ke hari. Endingnya Kota Pekanbaru bisa bersih dari sampah.

Terpisah, Plt Kepala DLHK Pekanbaru Marzuki menegaskan, pihaknya senantiasa melakukan penilaian setiap hari terhadap para operator. Penekanannya mereka wajib bekerja maksimal, membantu pemerintah membereskan urusan sampah.

‘’Minggu ini akan ada evaluasi lagi. Fokusnya masukan seperti dari anggota dewan ini,’’ sebutnya.

Dari hasil evaluasi yang setiap kali dibahas adalah, masalah pengangkutan mandiri. ‘’Mandiri itu belum tertib, padahal TPS sudah kami tentukan dengan para Camat. Namun nanti kami akan duduk lagi bersama camat dan vendor DLHK,’’ janjinya. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved