Breaking News:

Benarkah Campuran Jeruk Nipis, Air Kelapa Muda , dan Garam Dapat Mengobati Covid-19? Cek Faktanya

Benarkah campuran air perasan jeruk nipis, air kelapa muda , dan garam bisa menyembuhkan Covid-19?

Editor: Ilham Yafiz
Photo by Reka Biro-Horvath on Unsplash
ILUSTRASI Air Kelapa Muda, dan perasan Jeruk Nipis 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Benarkah campuran air perasan jeruk nipis, air kelapa muda , dan garam bisa menyembuhkan Covid-19?

Baru-baru ini campuran jeruk nipis, air kelapa muda, dan garam disebut-sebut dapat menyembuhkan Covid-19.

Banyak informasi tentang minuman, makanan, hingga herbal yang mampu menyembuhkan Covid membuat masyarakat langsung membelinya tanpa tahu kebenarannya.

Hoaks atau informasi tidak benar tersebut makin menjamur seiring banyaknya masyarakat yang terkena Covid dan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Apakah campuran tersebut benar-benar bisa menyembuhkan Covid? Menurut Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Zullies Ikawati, menjelaskan jika campuran jeruk nipis, air kelapa muda, dan garam tidak bisa diklaim secara spesifik menyembuhkan Covid-19.

“Secara umum air kelapa, jeruk nipis, dan berbagai minuman herbal jika diminum saat Covid-19 boleh saja, namun memang tidak secara khusus memberikan efek untuk menghilangkan virus Covid-19,” jelasnya seperti dikutip dari situs UGM.

Air kelapa memang mengandung beberapa nutrisi seperti air, unsur gula, beberapa vitamin, mineral, dan asam amino dengan konsentrasi yang kecil.

Secara umum air kelapa menyegarkan dan sehat. Sedangkan jeruk nipis juga memberikan manfaat yang cukup banyak dan menyehatkan.

“Minum air putih yang cukup perlu, namun tidak ada minuman secara khusus untuk anti Covid-19. Tujuannya lebih untuk menyegarkan tubuh yang secara tidak langsung berhubungan dengan peningkatan imun tubuh,” imbuh Zullies.

Obat herbal tidak menyembuhkan Covid
Mungkin Anda sering mendengar informasi berbagai macam obat herbal atau bahan-bahan lain yang dijamin mampu menyembuhkan Covid-19.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved