Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Dua Kali PPKM Level 4 Dinilai Tak Berhasil, Ini Masukan Konstruktif DPRD Pekanbaru ke Pemko

Dua kali pelaksanaan PPKM Level 4 di Kota Pekanbaru, banyak kritikan miring hampir dari berbagai pihak.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
TribunPekanbaru/Doddy Vladimir
Sejumlah petugas saat mengatur arus lalu lintas di lokasi penyekatan Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Sabtu (31/7/2021). Penyekatan dilakukan guna mengurangi mobilitas masyarakat sesuai Surat Edaran Walikota Pekanbaru Nomor 16/SE/SATGAS/2021 tentang pedoman dasar pelaksanaan PPKM Level 4 Kota Pekanbaru. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dua kali pelaksanaan PPKM Level 4 di Kota Pekanbaru, banyak kritikan miring hampir dari berbagai pihak.

Sebab, selain dinilai tak efesien dan mematikan roda perekonomian, juga tidak ada hasil signifikan terhadap penurunan angka Covid-19.

Sementara di sisi lain, PPKM ini menelan banyak anggaran. Ironisnya, Pemko Pekanbaru tetap saja mengikuti perintah pemerintah pusat, yang notabenenya banyak dikeluhkan masyarakat.

Kondisi ini mendapat masukan dari legislator Gedung Payung Sekaki DPRD Pekanbaru.

Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Roni Pasla mengatakan, bahwa hasil PPKM Level 4 dua kali di Kota Pekanbaru, harus benar-benar dievaluasi. Ini seiring waktu PPKM Level 4 tahap dua, habis Senin (9/8/2021).

"Apa yang dikeluhkan masyarakat ada benarnya juga. Bahwa sama-sama kita tahu, di saat PPKM dilaksanakan, apakah bantuan dari Pemko sudah ada. Di satu sisi, masyarakat dilarang keluar rumah," terang Roni Pasla kepada Tribunpekanbaru.com.

Lebih dari itu, pelaksanaan PPKM dua kali di Kota Pekanbaru, tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Kasus covid-19 tidak menurun, justru meningkat dari hari ke hari.

Itu artinya, ada yang salah dalam pelaksanaan PPKM selama ini.

"Di samping kesadaran masyarakat juga minim, dalam menjalankan aturan PPKM. Tapi itu tadi, karena kebutuhan masyarakat tidak dipenuhi Pemko. Makanya, ini harus menjadi catatan penting buat Pemko," sebut Politisi PAN ini lagi.

Disinggung apakah setuju PPKM Level 4 diperpanjang lagi, Roni Pasla menyampaikan, apa yang sudah dilaksanakan Pemko di dua kali PPKM Level 4 ini, harus bersamaan dengan pemberian bantuan.

"Di Jakarta bisa turun kasus covid-19, karena pemerintahnya memberi bantuan ke masyarakat. Sehingga masyarakat mau melaksanakan aturan. Sementara di Kota Pekanbaru, bisa kita lihat bersama," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Wan Agusti justru lebih menyarankan, agar PPKM tidak dilanjutkan lagi. Sebab, sejak diberlakukannya PSSB hingga PPKM, ekonomi masyarakat menjadi sulit.

Apalagi bantuan pemerintah minim kepada masyarakat. Di satu sisi, masyarakat dilarang melakukan aktivitas di luar.

"Melihat angka Covid-19 tidak turun, sementara ekonomi masyarakat tambah susah, kita sarankan tidak diperpanjang. Karena ekonomi masyarakat itu penting, di samping kesehatan juga menjadi prioritas," tegas Politisi senior Partai Gerindra ini. (Tribunpekanbaru.com/Syafruddin Mirohi).  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved