Breaking News:

Cukup Bawa Rujukan dari Puskemas atau Klinik, Masyarakat Gratis Tes PCR di RSUD Arifin Ahmad

Dirut RSUD Arifin Ahmad minta para Dokter di Puskemas dan Klinik agar segera membuat rujukan kepada pasien yang dicurigai terpapar Covid-19.

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: CandraDani
istimewa
Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dirut RSUD Arifin Ahmad, dr Nuzelly Husnedi menyampaikan kabar baik bagi masyarakat Riau.

Bagi masyarakat yang mengalami gejala deman, batuk, sakit tenggorokan atau bahkan hilang penciuman bisa langsung dirujuk ke lab biomolekuler RSUD Arifin Ahmad untuk dilakukan pemeriksaan PCR.

Masyarakat cukup datang ke klinik atau Puskemas untuk meminta surat rujukan dokter.

Setelah itu pasien membawa surat rujukan dokter tersebut ke lab biomol dan pasien langsung dilakukan PCR.

"Jika ada masyarakat mengalami gejala demam langsung datang ke klinik atau Puskemas, kemudian diajurkan oleh dokter untuk PCR, itu bisa langsung dirujuk ke labor biomolekuler RSUD Arifin Ahmad,. Tapi harus ada rujukan dari dokter, baik klinik, maupun Puskemas," kata Nuzelly, Jumat (8/10/2021).

Sebab kata Nuzelly, yang terjadi saat ini, pasien yang dicurigai mengalami gejala Covid-19 tidak langsung dilayani PCR.

Sebab harus menunggu jadwal di Puskemas.

Sehingga butuh waktu untuk menunggu pemeriksaan PCR.

Hal ini tidak lagi boleh terjadi, Nuzelly mengingatkan kepada dokter di Puskemas dan Klinik agar segera membuat rujukan kepada pasien yang dicurigai terpapar Covid-19.

"Kalau sekarang kan untuk PCR di Puskemas itu harus menunggu jadwal, kalau mau cepat mereka pergi ke rumah sakit, disana bayar, kan kasian kita, makanya kita sampaikan ini kepada masyarakat, supaya mereka bisa cepat pemeriksaan PCR dengan langsung datang ke lab biomol kita cukup dengan membawa rujukan dari dokter di klinik maupun Puskemas, setelah itu dibawa ke lab, kita akan langsung layani untuk PCRnya dan itu gratis," ucapnya.

Nuzelly menegaskan, meski saat ini tren kasus Covid-19 di Riau mengalami penurunan, namun tracing terhadap orang-orang yang kontak erat dan mengalami gejala Suspek Covid-19 tidak boleh berkurang.

"Ini adalah upaya kita untuk mempercepat dan mengoptimalkan tracing, jadi orang yang Suspek itu cepat kita periksa, tanpa harus mengantri di klinik atau Puskemas. Dokter boleh langsung merujuk pasien itu ke lab biomol RSUD Arifin kita akan langsung tangani," katanya. (Tribunpekanbaru/Syaiful Misgiono)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved