Breaking News:

Kwarda Gerakan Pramuka Riau ikut serta JOTA ke-84 dan JOTI ke-42

Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau melalui Dewan Kerja Daerah Riau ikut serta pada kegiatan Jamboree on the Air (JOTA) ke-84 dan JOTI ke-42

Editor: Sesri
istimewa
Ketua Harian Mabida Riau Masrul Kasmy memasang tanda peserta sebagai tanda dibukanya acara JOTA ke 84 dan JOTI ke 42, Jumat 15/10 di Buper Pusdiklatda Riau 

TRIBUNPEKANBARU.COM – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau melalui Dewan Kerja Daerah Riau ikut serta pada kegiatan Jamboree on the Air (JOTA) ke-84 dan Jamboree on the Internet (JOTI) ke-42 yang digelar oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 15 Oktober dan 17 Oktober 2021.

Ketua Sangga Kerja Nahwan Adip Marion dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan kegiatan JOTA dan JOTI tingkat Kwarda Riau dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau dan Kantor ORARI Daerah Riau.

“Kegiatan diikuti oleh Dewan Kerja dan Pramuka Penegak dan Pandega yang merupakan utusan 7 Kwartir Cabang (Kwarcab) se-Daerah Riau yakni Kota Pekanbaru, Kampar, Bengkalis, Siak, Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Kepulauan Meranti” kata Nahwan.

“Kegiatan JOTA dan JOTI terdiri dari kegiatan edukasi mengenai JOTA dan JOTI, materi desain media dan praktik, fox hunting dan Jojo bercerita” tambahnya.

Ketua Harian Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau Masrul Kasmy dalam sambutannya pada pembukaan menyampaikan kegiatan JOTA dan JOTI merupakan ajang menjalin komunikasi untuk mempererat rasa persaudaraan sesama anggota Pramuka di seluruh dunia.

“Disamping mempererat tali persaudaraan, kegiatan ini juga bermaksud memperkenalkan beberapa tekhnologi yang harus dikuasai oleh anggota Pramuka” kata Masrul.

“Hal ini juga tercantum dalam pengisian Syarat Kecakapan Umum bagi setiap anggota Pramuka dan merupakan metode dalam pembinaan dan pengembangan pendidikan Kepramukaan” tambahnya.

“Kegiatan ini bagi Gerakan Pramuka merupakan suatu alat bagi adik-adik untuk melatih kemandirian, mengembangkan rasa percaya diri, sarana bersosialisasi, serta mengembangkan latihan yang diperoleh selama di Gugusdepan” jelasnya.

“Meskipun komunikasi ini khususnya radio amatir terbilang tekhnologi yang cukup lama, namun bagi anggota Pramuka haruslah dikuasai, apalagi terbukti komunikasi ini sangat efektif dalam kegiatan-kegiatan penanggulangan bencana sehingga sangatlah tepat diaplikasikan dalam Program Pramuka Peduli” ujar mantan Penjabat Sekda Provinsi Riau ini.

“Harapan kita dengan aktif mengikuti kegiatan Kepramukaan yang diselenggarakan secara menarik, menantang, edukatif dan rekreatif, kaum muda Indonesia bukan saja dapat terhindar dari berbagai masalah sosial, tetapi yang terpenting lagi dapat berperan aktif dalam turut mencegah tersebar luasnya berbagai masalah sosial kaum muda tersebut” harapnya.

“Untuk itu, ikutilah kegiatan yang dikelola oleh adik-adik DKD ini dengan penuh semangat dan penuh disiplin, sehingga mencapai hasil yang maksimal dan diharapkan bagi kita semua” tambahnya.

“Kepada pimpinan ORARI Lokal Daerah Riau, saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas bantuan dan kerjasamanya dalam mensukseskan kegiatan JOTA dan JOTI sehingga berjalan dengan baik, sukses dan lancar” ujarnya.

“Perlu Kakak sampaikan bahwa dalam masa ini kita minta tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan” tegasnya.

Hadir saat pembukaan kegiatan, Sekretaris Mabida Riau Indrawansyah, Anggota Mabida Harian Prof. Soewardi MS, Wakil Ketua Kwarda Jon Haril, Sekretaris Indra Irianto, Ketua ORARI Lokal Daerah Riau Wan Anwar, Andalan Kwarda dan Pengurus DKD Riau. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved