Breaking News:

Langgar Prokes, Belasan Warga Terjaring Operasi Penegakan Disiplin di Inhil

Satgas) penanganan dan pencegahan covid 19 Kabupaten Inhil terus memantau pergerakan warga di masa penerapan PPKM

Penulis: T. Muhammad Fadhli | Editor: Ilham Yafiz
Tribunpekanbaru.com / T.Muhammad Fadli
Warga yang terjaring operasi yustisi penegakan disiplin menjalani sidang di posko Covid-19 Pasar pagi Jalan Baharuddin Yusuf Tembilahan, Rabu (24/11/21). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Satuan Tugas (Satgas) penanganan dan pencegahan covid 19 Kabupaten Inhil terus memantau pergerakan warga di masa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Kabupaten Inhil.

Satu di antaranya dengan menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) di posko Covid Pasar pagi Jalan Baharuddin Yusuf Tembilahan, Rabu (24/11/21).

Dalam operasi ini petugas masih saja menemukan warga yang tidak menerapkan prokes, yaitu, sebanyak 12 orang berhasil terjaring dan langsung mengikuti sidang di tempat bersama hakim Pengadilan Negeri (PN) Tembilahan.

Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan SH SIK Mhum menuturkan, Satgas terus mendukung pelaksanaan PPKM di Kabupaten Inhil dengan mengirim tim untuk turut dalam pelaksanaan sidang di tempat, sesuai Perda Prov. Riau No 4 Tahun 2020  tentang Penyelenggaraan Kesehatan, pasal 44 E jo pasal 23 A ayat (2) huruf a. Pelanggar PPKM diancam hukuman denda dan atau kurungan.

“Keputusan ada di tangan hakim untuk memutuskan dengan keyakinan dari hakim. Sanksi bagi pelanggar PPKM adalah tindak pidana ringan, ini instruksi pusat provinsi Riau bagi pelanggar protokol kesehatan,” ungkap AKBP Dian.

Kapolres Inhil yang juga selaku Wakil Satgas Penanganan covid 19 menuturkan, pihaknya mendukung pemerintah daerah untuk melakukan penertiban terhadap masyarakat pada penerapan PPKM ini, sebagai instansi penegak hukum membantu penindakan tindak pidana ringan (tipiring).

“Kami dari kepolisian melakukan penindakan mobile, penertiban terhadap masyarakat maupun para pelaku usaha yang melakukan pelanggaran terhadap protokol kesehatan,” tuturnya.

Selain melakukan operasi rutin yustisi protokol kesehatan di jalan, pihak kepolisian dan Pemerintah Kabupaten Inhil serta yang tergabung dalam satgas juga melakukan yustisi di cafe – cafe dan pertokoan untuk menegakkan peraturan untuk menekan penyebaran Covid.

( Tribunpekanbaru.com / T. Muhammad Fadhli )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved