Breaking News:

UPDATE Sirkuit Mandalika: Jelang MotoGP 2022, Sebagian Aspal Dilapisi Ulang

ditemukan dua area yang butuh ditingkatkan, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan agregat yang memegaruhi sirkuit.

(FITRI R/Kompas.com
Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022) 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Sirkuit Mandalika sudah menyelesaikan tes resmi pada 11-13 Februari 2022.

Ke depan, sirkuit jalan raya itu akan jadi tuan rumah MotoGP pada 18-20 Maret 2022.

Selama tiga hari tes tersebut banyak masukan dari pebalap dan pihak terkait soal sirkuit. Baik dari sisi keamanan, hingga permukaan lintasan yang merupakan bagian paling krusial buat balapan.

Selama pengujian, ditemukan dua area yang butuh ditingkatkan, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan agregat yang memegaruhi sirkuit.

Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) yang mengawasi homologasi trek juga telah berkoordinasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Hasilnya sebagian Sirkuit Mandalika akan dilapis ulang.

Bagian yang akan dilapis ulang ialah sebelum tikungan 17 hingga setelah tikungan 5. ITDC akan memastikan bahwa aspal yang dipakai memenuhi standar MotoGP.

Jika melihat denah sirkuit maka setidaknya pelapisan ulang itu akan menyentuh enam tikungan. Mulai sebelum tikungan akhir dan masuk jalur lurus atau straight hingga empat tikungan sesudahnya.

"Pemilik sirkuit ITDC telah menyetujui penilaian dan permintaan FIM, menunjukkan tingkat dukungan dan komitmen mereka yang tinggi terhadap olahraga tersebut," tulis pernyataan dikutip dari MotoGP.com, Selasa (15/2/2022).

"Semua pihak telah bereaksi dengan cepat dan upaya perbaikan ini sudah berlangsung, termasuk pelapisan ulang sebagian lintasan," tulis MotoGP.

Berikut bunyi pernyataan lengkap soal pelapisan ulang Sirkuit Mandalika:

Tes Pramusim Resmi MotoGP™ di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika menandai Kejuaraan Dunia FIM MotoGP™ kembali ke Indonesia untuk pertama kalinya dalam 25 tahun.

Tiga hari di lintasan sangat berharga bagi pebalap, tim dan organisasi, memungkinkan semua pihak untuk mendapatkan pengalaman di sirkuit baru sebelum peresmian Pertamina Grand Prix Indonesia.

Tes tiga hari ini juga memberikan kesempatan kepada organisasi dan badan pengatur untuk memastikan tempat tersebut sesuai dengan standar MotoGP™ dan menilai setiap perbaikan yang diperlukan sebelum debut trek di kalender Kejuaraan Dunia FIM MotoGP™.

Setelah tiga hari yang luar biasa di Indonesia, kami tidak sabar untuk kembali ke putaran 2 di bulan Maret.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved