Breaking News:

Waspadai Cara Penularan Monkeypox, Termasuk Melalui Ciuman

Waspadai cara penularan Monkeypox. Pada kasus pasien Monkeypox, ada gejala di saluran nafas atas dan saluran rongga mulut.

Editor: Ariestia
PUBLIC HEALTH IMAGE LIBRARY/CDC
Waspadai cara penularan Monkeypox. Pada kasus pasien Monkeypox, ada gejala di saluran nafas atas dan saluran rongga mulut. FOTO: Pasien yang terserang virus Monkeypox, penyakit cacar monyet. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Waspadai cara penularan Monkeypox. Pada kasus pasien Monkeypox, ada gejala di saluran nafas atas dan saluran rongga mulut.

Demikian data klinis terakhir yang update di Eropa 

Artinya terjadinya ada potensi penularan selain melalui hubungan erat dan kontak fisik.

Yaitu bisa disebabkan karena berciuman. Termasuk berbicara dari jarak dekat hingga terkena cipratan droplet.

"Ditambah ada kasus pada pasien saat ini, lesinya atau gangguan kulit yang berada di kelamin. Ini memberi potensi penularan melalui hubungan seksual," ungkap Dicky pada Tribunnews, Rabu (1/6/2022).

Namun ia menegaskan penularan bukan hanya karena hubungan seksual atau cairan yang keluar saat itu.

Tapi karena ada luka di sekitar alat kelamin. Sehingga potensi penularan itu ada.

Tapi menurut Dicky, masih perlu menantikan data yang lebih solid.

Di sisi lain, di dalam aspek pencegahan, juga harus diperhitungkan dan dimitigasi. Misalnya penggunaan masker yang penting.

Lalu kebiasaan cuci tangan, terutama pada kelompok yang melakukan seks bebas.

Dicky menyarankan untuk betul-betul kembali pada bentuk pencegahan HIV.

Kemudian mencoba berkomunikasi dengan tenaga kesehatan sambil berdiskusi mencari literasi terkait Monkeypox menjadi penting.

"Tapi jangan sampai menjadi stigma pada kelompok-kelompok tertentu. Karena ini bukan lah suatu penyakit yang dikaitkan pada kelompok tertentu. Semua bisa terkena dari anak sampai dewasa. Dari penganut seks bebas sampai tidak," kata Dicky lagi.

Karena penyakit ini bukan hanya menular melalui hubungan seksual saja. Tapi faktor lainnya seperti ada kontak fisik dengan penderita Monkeypox.
 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Monkeypox Berpotensi Menular Melalui Ciuman Hingga Hubungan Seksual, https://www.tribunnews.com/kesehatan/2022/06/01/Monkeypox-berpotensi-menular-melalui-ciuman-hingga-hubungan-seksual?page=all.
Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Anita K Wardhani

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved