Breaking News:

Berita Dumai

Jelang Idul Adha, PMK Tak Ditemui pada Hewan Ternak di Dumai, Dinas Tetap Sebarkan Imbauan

PMK pada hewan ternak berkuku genap atau belah seperti sapi, kerbau, domba, kambing dan lainnya, tak ditemui di Kota Dumai

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/DONNY KUSUMA PUTRA
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai, Nuzerwan memastikan bahwa hewan ternak berkuku genap atau belah di Kota Dumai hingga saat ini masih aman dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak berkuku genap atau belah seperti sapi, kerbau, domba, kambing dan lainnya, tak ditemui di Kota Dumai.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai, Nuzerwan memastikan bahwa hewan ternak berkuku genap atau belah di kota Dumai, hingga saat ini masih aman dari PMK.

Nuzerwan mengungkapkan, bahwa hingga saat ini pihaknya terus mengawasi hewan ternak, serta memperketat terhadap lalu lintas keluar masuk hewan berkuku genap atau belah yang sangat rentan terhadap penyakit PMK.

"Alhamdulillah, menjelang Idul Adha, berdasarkan hasil laporan seluruh dokter hewan dan tenaga kesehatan yang turun ke lapangan untuk memonitoring hewan ternak yang ada di Kota Dumai, tidak ditemukan hewan ternak berkuku genap atau belah yang bergejala klinis penyakit PMK," katanya, Jumat (24/6/2022)

Meski demikian, Nuzerwan menghimbau kepada peternak agar selalu waspada dan cepat tanggap terhadap hewan ternaknya.

Apabila ada gejala mencurigakan terhadap hewat ternak segera laporkan kepada Dokter hewan, atau Dinas terkait.

Selanjutnya, ia mengatakan, untuk memastikan tidak terjadinya penyebaran penyakit PMK terhadap hewan ternak di Kota Dumai, pihaknya lebih memperketat lalulintas menjelang perayaan Idul Adha.

Bukan hanya itu saja, tambahnya, DKPP bersama pihak kepolisian dan dokter hewan akan turun ke lapangan guna melakukan survei sapi yang ada di Dumai.

Apakah ada sapi yang sakit dengan gejala wabah PMK, dan hewan ternak baru dari luar daerah.

Nuzerwan memprediksi bahwa kebutuhan akan hewan kurban untuk perayaan Idul Adha akan meningkat.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved