Breaking News:

Ibadah Haji 2022

Jemaah Haji Rohul Diperkirakan Sampai di Tanah Air Pada 6 Agustus

Jemaah Haji Rohul diperkirakan tiba di Tanah Air pada 6 Agustus 2022, Pemda Rokan Hulu siapkan penyambutan.

Penulis: Syahrul | Editor: Ariestia
Istimewa
Jemaah Haji Rohul diperkirakan tiba di Tanah Air pada 6 Agustus 2022, Pemda Rokan Hulu siapkan penyambutan. FOTO: Kabag Kesra Setdakab Rohul Umzakirman 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Jemaah Haji Rohul diperkirakan tiba di Tanah Air pada 6 Agustus 2022, Pemda Rokan Hulu siapkan penyambutan mulai dari embarkasi antara Pekanbaru hingga keberangkatan ke Rokan Hulu.

Disampaikan oleh Kabag Kesra Setdakab Rohul Umzakirman pada Senin (1/8), jemaah haji asal Rohul dikabarkan akan berangkat dari Madinah pada 5 Agustus dan diperkirakan sampai di Rohul pada 6 Agustus.

"Insyaallah jamaah haji Rohul akan berangkat dari Madinah pada tanggal 5 malam menuju Kota Batam yang diperkirakan tiba di Batam pada Pukul 02.30 Dini hari dan langsung berpindah pesawat menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru," kata Umzakirman.

"Diperkirakan, jamaah akan tiba pada pukul 03.30 Dini Hari dan selanjutnya para jamaah haji akan di angkut menuju Embarkasi Antara Pekanbaru menggunakan Bus yang telah dipersiapkan dan diperkirakan tiba di Embarkasi Antara pada pukul 04.00 Wib dan akan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan secara Protokol Kesehatan" ungkapnya kemudian.

Lanjutnya, setelah dilakukannya pemeriksaan kesehatan bagi 241 jamaah haji Rohul kemudian para jamaah sementara diberikan waktu untuk istirahat selama lebih kurang 2 sampai 3 jam di kamar asrama haji. Dan setelah lebih kurang pukul 08.00 Pagi para jamaah haji akan diberangkatkan menuju Kabupaten Rokan hulu.

Dalam hal ini, dijelaskan Kabag Kesra juga bahwa menyambut kedatangan Jamaah Haji di Pekanbaru akan langsung disambut nantinya oleh Kepala Daerah Rokan Hulu ataupun yang mewakili.

"Setelah dilakukannya pemeriksaan kesehatan para jamaah haji baru diperbolehkan pulang ke Rokan hulu namun jika nanti di jumpai adanya jamaah haji yang terindikasi paparan Covid-19 maka para jamaah akan di karantina terlebih dahulu di Rumah sakit terdekat di Pekanbaru" ungkapnya.

Sebagai Informasi juga bahwasanya para keluarga jamaah haji sesuai dari rapat yang dipimpin langsung oleh Gubernur Riau tidak diperbolehkan berjumpa sebelum sampai di tempat tujuan, dimana titik kumpul kepulangan jamaah haji terbagi dibeberapa tempat seperti Jamaah haji asal Kecamatan Kabun, Tandun, akan turun langsung di masjid Paripurna Kecamatan.

Selanjutnya bagi jamaah haji asal Ujung batu, Rokan IV Koto, Pendalian IV Koto, Pagaran Tapah, Kunto Darussalam akan di turunkan di Masjid Al Ikhsan Ujung batu, kemudian bagi jamaah asal Rambah, Rambah Samo, Tambah Hilir, Bangun Purba, Kepenuhan, Tambusai, Tambusai Utara semua akan di turunkan di Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu.

Sejauh ini berdasarkan informasi dari asrama haji Pekanbaru bahwa terkait kondisi kesehatan jamaah haji Rohul 100 persen dalam keadaan sehat Wal Afiat.

"Meski demikian sesuai dari surat edaran dari menteri kesehatan yang baru seluruh jamaah haji secara keseluruhan semua akan diperiksa kesehatannya" tutup Umzakirman. (Tribun Pekanbaru/Syahrul Ramadhan)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved