Breaking News:

Cuaca di Riau

Cuaca di Riau Panas, Titik Api Muncul di Rohul, Bukit Barisan Membara, 25 Hektare Lahan Terbakar

Cuaca di Riau panas, Titik Api Muncul di Rohul, lahan seluas 25 hektare di Rokan IV Koto terbakar. Kini petugas berjibaku memadamkan api

Penulis: Syahrul | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Tim Gabungan dari TNI, Polri dan BPBD Rohul memadamkan api Karhutla di Rohul saat Cuaca di Riau Panas. Lokasi Karhutla di Desa Tanjung Medan Kecamatan Rokan IV Koto, Rohul. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Cuaca di Riau panas, Titik Api Muncul di Rohul, lahan seluas 25 hektare di Rokan IV Koto, tepatnya di Desa Tanjung Medan membara akibat Karhutla sejak Senin (8/8/2022) lalu.

Dari informasi yang dihimpun pada Rabu (10/8/2022) terakit Cuaca di Riau, akibat Titik Api Muncul di Rohul, aktivitas pemadaman masih dilakukan oleh tim gabungan di gugusan Bukit Barisan tersebut.

Adapun kawasan terbakar itu diduga merupakan sisa tebang tebas yang dilakukan dalam membersihkan kawasan lahan yang lumrah dijumpai pada saat membuka perladangan atau perkebunan saat Cuaca di Riau panas.

Kepala Pelaksana BPBD Rokan Hulu Zuljandri Rosa mengatakan, dalan usaha pemadaman Karhutla di Rohul itu, pihaknya sudah meminta dukungan pemadaman dari udara dengan menggunakan helikopter.

"Dalam kegiatan pemadaman ini, kami mendapat bantuan satu helikopter water bombing untuk menjinakkan lahan seluas 25 hektar di Tanjung Medan," kata Zuljandri.

Dilanjutkan dia, tim gabungan TNI, Polri dan BPBD Rohul bahu membahu dalam melakukan pemadaman di kawasan Karhutla di Rohul tersebut.

Terpisah, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Rokan IV Koto Kodim 0313/KPR Serda Febrianto mengatakan, pemadaman di darat dilakukan dengan menggunakan pompa gendong dan ranting kayu.

Namun, dikarenakan permukaan lahan tersebut yang cenderung berbukit dan curam, tim gabungan merasa kesulitan untuk menjangkau kawasan titik api tersebut.

"Berhubung kawasan yang terbakar ini cukup ekstrim, maka proses pemadaman menjadi sulit untuk dijangkau," sebutnya.

Sementara itu, Kapolsek Rokan IV Koto AKP Yohannes Tindaon juga menjelaskan hal serupa, dimana tim gabungan bekerja keras memadamkan api baik dari udara maupun dari darat.

"Dapat kami sampaikan, kita tim yang solid antara TNI Polri dan BPBD secara bersama-sama memadamkan api di lokasi kebakaran tersebut," katanya.

"Untuk saat ini api telah padam tetapi, di samping itu water bombing tetap melaksanakan kegiatan dari udara," tambah dia.

Pada lokasi Karhutla di Rohul itu juga sudah dipasang garis polisi guna mencegah masyarakat masuk kedalam lokasi kebakaran tersebut sepanjang penyelidikan berlangsung.

"Untuk pelaku masih kami selidiki. Saat ini, kami sudah memasang garis polisi di lokasi, tegasnya.

( Tribunpekanbaru.com/ Syahrul Ramadhan )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved