Breaking News:

Harga TBS Sawit Riau

Faktor Eksternal Kenaikan Harga TBS di Riau Pekan Ini Periode 10-16 Agustus 2022

Pemicu kenaikan harga TBS di Riau pekan ini adanya pemangkasan pungutan ekspor dan meningkatkan volume ekspor CPO yang dilakukan pemerintah.

Penulis: Rino Syahril | Editor: Ariestia
Istimewa
Pemicu kenaikan harga TBS di Riau pekan ini adanya pemangkasan pungutan ekspor dan meningkatkan volume ekspor CPO yang dilakukan pemerintah. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemangkasan pungutan ekspor dan meningkatkan volume ekspor CPO yang dilakukan pemerintah picu kenaikan harga TBS di Riau pekan ini.

Harga TBS di Riau pekan ini naik di seluruh kelompok umur kelapa sawit.

Tertinggi naiknya tandan buah segar (TBS) kelapa sawit adalah di kelompok umur (KU) 10-20 tahun yakni Rp 98,86/Kg. Sehingga harganya pekan ini harga sawit KU tersebut menjadi Rp 2.232,93/Kg.

Kepala Dinas Perkebunan Riau Ir Zulfadli melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Riau Defris Hatmaja SP MSi mengatakan pada penetapan ke 31 bulan Agustus 2022 (periode 10-16 Agustus 2022) ini harga TBS di Riau naik 4,63 persen dari pekan lalu.

Faktor eksternal kenaikan harga TBS di Riau kata Defris lagi disebabkan harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) melesat di sesi awal perdagangan pada Senin (8/8/2022), setelah harga CPO ambles 9,6 persen di sepanjang pekan lalu.

Penguatan harga CPO pada pembukaan perdagangan hari ini, bersamaan dengan kenaikan pada harga minyak kedelai di Dalian.

"Harga minyak kedelai di Dalian naik tajam 3,5 persen. Minyak sawit dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak terkait karena mereka bersaing untuk mendapatkan bagian di pasar minyak nabati global," ungkap Defris.

Selain itu tambah Defris, analis juga berpendapat bahwa CPO Malaysia telah tersaingi oleh CPO Indonesia karena pemerintah Indonesia telah memangkas pungutan ekspor dan meningkatkan volume ekspor CPO, sehingga dinilai lebih menarik.

Harga tunai yang lebih rendah, diskon kelapa sawit yang lebih besar ke minyak kacang saingan terdekatnya dan pengurangan pajak ekspor akan menawarkan peningkatan peluang ekspor kelapa sawit Indonesia. (Tribunpekanbaru.com/Rino Syahril)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved