Breaking News:

Berita Riau

BKSDA Riau Temukan Aktivitas Illegal Logging di SM Kerumutan, Amankan 1 Pelaku

BKSDA Riau menemukan aktivitas illegal logging di SM Kerumutan, dan mengamankan 1 pelaku beserta barang bukti.

Penulis: johanes | Editor: Ariestia
Dok BKSDA Riau
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Riau kembali menemukan aktivitas pembalakan liar atau ilegal logging (Ilog) di kawasan hutan Suaka Margasatwa Kerumutan di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan saat melakukan patroli sepanjang pekan lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - BKSDA Riau menemukan aktivitas illegal logging di SM Kerumutan, dan mengamankan 1 pelaku beserta barang bukti.

Patroli pengamanan kawasan hutan SM Kerumutan dilakukan mulai tanggal 13 sampai September lalu di Resort Kerumutan Utara Kelurahan Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti.

Tim dari Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I menyusuri areal SM Kerumutan untuk memantau keamanan hutan lindung tersebut.

Ternyata patroli yang dilakukan berbuah manis dan tim menemukan aktivitas Ilog yang jalankan oleh oknum masyarakat.

"Kita temukan pondok-pondok yang dibangun para pelaku perambahan. Satu orang kita amankan dan lainnya diduga sudah kabur," ungkap Kepala BKSDA Riau, Genman Suhefti Hasibuan melalui Kabid Wilayah l Andri Hansen Siregar kepada tribunpekanbaru.com, Kamis (22/9/2022).

Andri Hansen menjelaskan, tim yang turun ke lokasi masuk ke dalam hutan dengan cara mengendap-endap setelah memastikan ada aktivitas Ilog di SM Kerumutan.

Setelah tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP), tim langsung mengamankan seorang pria berinsial AB yang merupakan warga Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sedangkan pelaku lain kabur.

Tersangka AB dibawa ke kantor balai BKSDA untuk menjalani pemeriksaan oleh penyidik PPNS.

"Pelaku sudah kita titipkan ke Rutan Polda Riau sembari diperiksa oleh penyidik kita. Barang bukti kita sita dan sebagian besar dimusnahkan di lokasi," tutur Hansen Siregar.

Petugas BKSDA menemukan dua pondok yang dijadikan sebagai tempat tinggal sementara para pelaku Ilog. Pondok kayu dengan terpal biru itu musnahkan dengan cara dibakar hingga hangus.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved