Rokan Hulu

232 Napi Lapas Pasirpangaraian Diusulkan Terima Remisi Khusus Lebaran

Usulan remisi terhadap Napi Lapas Kelas II B Pasirpangaraian, dilakukan secara online ke Kemenkum HAM RI.

232 Napi Lapas Pasirpangaraian Diusulkan Terima Remisi Khusus Lebaran
tribunnews.com
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN-‎ Perayaan hari raya idul Fitri yang tak lama lagi akan berlangsung, tentunya juga menjadi keberkahaan bagi Narapidana Muslim di Lapas Kelas II B Pasirpangaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Dimana, pada moment hari raya idul Fitri ini Lapas Kelas II B Pasirpangaraian mengusulkan 232 Napi beragama Islam menerima remisi khusus keagamaan hari raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, dari‎ Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Republik Indonesia.

Kepala Lapas Kelas II B Pasirpangaraian, Muhammad Lukman AMd, Ip, SH, M.Si, mengungkapkan, 232 Napi diusulkan mendapatkan remisi khusus keagamaan, atau pengurangan hukuman, merupakan warga binaan yang telah menjalani hukuman penjara minimal 6 bulan.

Baca: Akui Diperiksa KPK, Bupati Bengkalis Amril Mukminin Irit Bicara,Waktu Itu Saya Jadi Anggota Dewan

Baca: KPK Periksa Bupati Bengkalis Amril Mukminin

‎Lebih lanjut dijelaskanya, dari 232 Napi diusulkan, terdiri dari 207 Napi umum, sedangkan sisanya 25 Napi terkait PP Nomor 99 tahun 2012.

"Napi yang kita usulkan mendapatkan remisi khusus Idul Fitri telah menjalani hukuman minimal 6 bulan penjara, berprilaku baik. Yang mendapat remisi khusus tidak ada Napi yang langsung bebas saat lebaran Idul Fitri," katanya, kamis (7/6/2018).

Ia menerangkan, usulan remisi terhadap Napi Lapas Kelas II B Pasirpangaraian, dilakukan secara online ke Kemenkum HAM RI.

Diakuinya, ‎pengurangan hukuman diajukan untuk 232 Napi juga bervariasi, terdiri remisi 15 hari 92 Napi,‎ remisi 1 bulan 133 Napi, dan remisi 1‎ bulan 7 orang.

Diterangkanya, pemberian remisi khusus keagamaan Idul Fitri bertujuan untuk memberikan motivasi kepada warga binaan, sehingga mereka tetap berkelakuan baik selama menjalani hukuman, dan dapat diterima di lingkungan masyarakat.

Baca: Orang Ibadah Puasa, 2 Pria di Kampar Ini Malah Pesta Sabu, Akhirnya Diringkus TNI

Baca: Tak Manusiawi 7 Pengungsi Rohingya Ternyata akan Dibawa ke Malaysia Pakai Speedboat

M. Lukman mengharapkan, warga binaan yang akan menerima remisi untuk terus berprilaku baik selama menjalani hukuman, dan menjadi contoh baik bagi Napi lain yang belum memenuhi syarat, untuk diajukan menerima remisi.‎

"Kita berharap para Napi untuk terus berkelakuan baik agar mendapatkan remisi seperti Napi yang sudah mendapatkan Remisi," pungkasnya. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help