Mudik 2018

4 Titik Jalur Rawan Kecelakaan yang Wajib Diwaspadai Saat Mudik ke Sumatera Barat

Sepanjang Jalan Padang-Solok dari Indarung hingga ke Lubuk Lasih, pendakian Silaiang di Padang Panjang, Kelok 44, dan Koto Baru adalah jalur rawan

4 Titik Jalur Rawan Kecelakaan yang Wajib Diwaspadai Saat Mudik ke Sumatera Barat
tribunpekanbaru/rikisuardi
Kelok 44 Maninjau termasuk daerah yang rawan kecelakaan selama arus mudik di Sumatera Barat. Setidaknya ada 4 titik yang harus diwaspadai pemudik 

Laporan Kontributor Tribunpadang.com, Riki Suardi

TRIBUNPADANG.COM, PADANG- Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar, Amran, mengingatkan agar masyarakat, khususnya perantau yang pulang lebaran ke kampung halamannya, untuk berhati-hati ketika melintasi daerah rawan kecelakaan yang ada di Sumbar.

"Kami mengingatkan karena para perantau tersebut tentu tak semuanya mengetahui mana jalur rawan kecelakaan dan mana yang tidak," kata Amran kepada tribunpadang.com, Jumat (8/5/2018) siang.

Di Sumbar, sebut Amran, ada sejumlah jalur mudik yang rawan kecelakaan lalu lintas, dan jalur tersebut di antaranya, sepanjang Jalan Padang-Solok dari Indarung hingga ke Lubuk Lasih, sepanjang pendakian Silaiang di Padang Panjang, Kelok 44, dan Koto Baru.

Baca: Mudik Pakai Mobil Matic, Antisipasi Rem Blong Lakukan Hal Ini Saat di Turunan

Baca: Jaga Kesehatan Saat Mudik, Ikuti Tips Menyiapkan Bekal Makanan untuk di Perjalanan

Baca: Ada Banyak Titik Jalan Rusak, Pemudik dari Dumai Waspadai Jalan Gatot Soebroto

Jalan Padang-Solok, menurutnya, dianggap sebagai jalur rawan kecelakaan, karena tanjakan dan turunannya yang tajam, serta sebagian tikungan di jalur tersebut juga mirig, dan kendaraan bertonase, selalu mengambil jalur berlawanan jika melewati tikungan tersebut.

"Di Silaiang juga demikian. Jurang dan tanjakan yang disertai tikungan, dan lebar jalannya yang tak begitu luas juga menyebabkan seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas. Sedangkan di jalur mudik Koto Baru, karena jalannya sempit dan lurus," ujarnya.

Kemudian di Kelok 44, diharapkan agar pengendara berhat-hati serta fokus, dan jangan sampai konsentrasi mengendarai kendaraan terganggu melihat indahnya pemandangan alam di kawasan Salingka Danau Maninjau tersebut.

"Jadi saya harap, pengendara, khususnya pemudik yang melintas di Kelok 44, harus fokus. Kalau mengendarai sambil melihat indahnya pemandangan alam, disarankan untuk berhenti, karena ada sejumlah rest area di kawasan tersebut. Kalau tidak, bisa bahaya," bebernya.

Baca: Berencana Mudik ke Sumatera Barat Waspada Melintasi 3 Titik di Jalur Ini, Masuk Kawasan Rawan 

Baca: Antisipasi Macet atau Longsor, Ini Alternatif Jalur Mudik Lintas Barat, Pekanbaru-Sumbar 

Untuk mengantisipasi agar tak terjadi kecelakaan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan kabupaten dan kota di Sumbar, juga sudah mengimbau agar pengendara berhati-hati melintasi jalur mudik tersebut.

"Imbauan tersebut sudah kami sampaikan melalui spanduk, baliho dan rambu-rambu. Mudah-mudahan pengendara ataupun pemudik, bisa waspada ketika melintas di jalur rawan kecelakaan tersebut," pungkasnya.(*)

Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help