Arus Penumpang di Terminal BRPS Meningkat, Pihak PO Ajukan Penambahan Armada Bus

Pada H-3, Selasa (12/6/2018) ini, jumlah penumpang diperkirakan akan lebih banyak

Arus Penumpang di Terminal BRPS Meningkat, Pihak PO Ajukan Penambahan Armada Bus
TRIBUNPEKANBARU.COM/RIZKY ARMANDA
Terminal Bandar Raya Payung Sekaki 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru: Rizky Armanda

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Sudah menjadi hal yang lumrah dari tahun ke tahun, jika mendekati hari Lebaran, arus penumpang di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Pekanbaru mengalami peningkatan.

Menurut data yang dirangkum Tribun, pada H-4, Senin (11/6/2018) lalu saja, jumlah penumpang mencapai angka 1.013 dengan total armada yang beroperasi sekitar 97 unit.

Baca: Kadishub Riau: Pemudik Perhatikan Keselamatan, Jika Capek Baiknya Berhenti di Rest Area

Pada H-3, Selasa (12/6/2018) ini, jumlah penumpang diperkirakan akan lebih banyak. Karena diprediksi puncak arus mudik di terminal akan terjadi pada H-3 dan H-2 ini.

Marjohan selaku Staf ADM Perkantoran Terminal BRPS menjelaskan, seluruh Perusahaan Otobis (PO) yang beroperasi, dari hasil tinjauan pihaknya, rata-rata tiket untuk keberangkatan sudah habis terjual.

Baca: Foto Mohamed Salah dengan Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov Menjadi Kontroversi

"Bahkan ada yang minta tambahan unit mobil pariwisata, karena regulernya sudah tidak mencukupi. Namun tetap kita minta untuk pengoperasiannya, pertanggungjawaban harus dari pihak PO yang bersangkutan," jelas dia.

"Artinya, misalnya PO Makmur. Armada reguler mereka sudah tidak mencukupi untuk angkutan lebaran karena full book dan minta tambahan 2 unit mobil pariwisata, maka tetap pertanggungjawabannya dari pihak Makmur, tiketnya tetap dari Makmur," sambung Marjohan lagi.

Baca: Catat, Ini Daftar Lengkap Nomor Telepon Penting di Kampar, Polisi hingga Pemadam Kebakaran

Meski mendekati Lebaran ini permintaan angkutan tinggi, namun disebutkan Marjohan, secara umum jika dibanding lebaran tahun lalu, kondisi arus penumpang tahun ini sedikit mengalami penurunan.

"Tahun lalu, H-4 saja penumpang sudah sampai 2.500-an orang, Namun tahun ini masih diangka 1.100-an. Angka ini juga turun dibanding H-5 sebelumnya yang mencapai 1.400-an. Nanti kita lihat data H-3 Selasa ini, sepertinya akan meningkat. Akan kita rekap dulu, bisa sampai pukul 2.00 WIB dini hari," beber dia.

Baca: Jemaah Calon Haji Riau Jangan Galau, Meski Harus Lewat Embarkasi Batam

Disebutkan Marjohan, terjadinya tren penurunan arus penumpang di Terminal BRPS sendiri pada tahun ini dipengaruhi oleh beberapa hal.

Misalnya lantaran adanya pengadaan mudik gratis, hingga keberadaan travel-travel yang kini sudah menjamur.(*)

Penulis: Rizky Armanda
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help