Padang

Mobilitas Kendaraan Sudah Mulai Padat, Ini Jalur Alternatif Padang-Pekanbaru

Memasuki H-4 Lebaran 2018, mobilitas kendaraan yang datang dari arah Pekanbaru, Riau, menuju Sumbar sudah padat

Mobilitas Kendaraan Sudah Mulai Padat, Ini Jalur Alternatif Padang-Pekanbaru
Ist
kondisi di depan Pasar Koto Baru 

Laporan Kontributor Tribunpadang.com, Riki Suardi

TRIBUNPADANG.COM, PADANG - Memasuki H-4 Lebaran 2018, mobilitas kendaraan yang datang dari arah Pekanbaru, Riau, menuju Kota Padang, Sumbar, maupun sebaliknya, sudah mulai dipadati kendaraan. Baik roda empat mauoun roda dua. Bahkan, kondisi tersebut diprediksi akan semakin parah hingga H+7 lebaran.

Penyebabnya, tidak hanya karena tingginya mobilitas kendaraan yang datang maupun keluar dari Sumbar menuju Riau, tapi banyaknya pasar tumpah yang ada di sepanjang jalan dari Kota Bengkoang hingga ke Kota Bertuah itu, juga ikut menjadi penyebab kemacetan semakin padat.

Baca: Wings Food Bagikan Mie Sedap Siap Makan dan Teh Rio Rasa Madu pada Warga Delima

Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Barat, Amran membeberkan ruas jalan dari pekanbau menuju Padang yang akan mengalami macet pada musim lebaran. Di antaranya, di sepanjang ruas jalan dari Bukittinggi menuju Payakumbuh, dan puncaknya terjadi di Simpang Piladang Kabupaten Limapuluh Kota.

Baca: Dishub Imbau Pemudik Perhatikan Rambu untuk Hindari Kemacetan

Kemudian dari Padang menuju Bukittinggi, lokasi macet terdapat di Pasar Lubuk Alung hingga ke Pasar Sicincin, terus ke Kayu Tanam, Lembah Anai, Padang Panjang sampai ke Koto Baru, hingga Padang Lua. Sedangkan di Kota Bukittinggi, potensi macetnya hampir terjadi diseluruh perempatan jalan utama.

Nah, bagi Anda yang ingin mudik ke Sumbar, atau ke Kota Padang, maupun ke Pekanbaru, Riau, ada sejumlah jalur alternatif yang bisa dilewati untuk menghindari kemacetan. Seperti menghindari kemacetan di jalur Padang-Bukitinggi misalnya, yaitu Pasar Lubuk Alung dan Pasar Usang.

Baca: Tips Aman Membawa Kucing Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Ada jalur alternatif lewat Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Kemudian terus ke Simpang Ketaping, dan keluar di dekat Jembatan Lubuk Alung, setelah itu terus ke arah Kota Pariaman, dan ambil jalur ke arah Sicincin. Kemudian setiba di Simpang Tandikek, belok kiri ke arah Malalak, dan keluar di Padang Lua.

kondisi jalan Koto Baru yang terpantau melalui Pantauan CCTV RTMC Ditlantas Polda Sumbar pukul 12.44 WIB Senin (11/6/2018)
kondisi jalan Koto Baru yang terpantau melalui Pantauan CCTV RTMC Ditlantas Polda Sumbar pukul 12.44 WIB Senin (11/6/2018) (Ist)

Begitu juga sebaliknya. Bagi pengendara yang datang dari arah Bukittinggi menju Padang, juga bisa memanfaatkan jalir alternatif Malalak dan terus ke Pariaman, kemudian ke BIM dan keluar di Ply Over BIM, di Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman.

Baca: Tips Aman Membawa Kucing Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Namun bagi Anda yang sudah terjebak kemacetan di Pasar Sicincin, namun ingin terus melanjutkan perjalanan ke Bukittinggi, juga bisa memanfaatkan Jalan Malalak dengan belok kiri di pertigaan dekat Pasar Sicincin. Kemudian, terus ke Simpang Tandikek, dan belok kiri ke Malalak.

Sedangkan pemudik yang melintasi Padang-Kota Payakumbuh-Pekanbaru atau sebaliknya yang ingin menghindari kemacetan di Kota Bukittinggi, bisa memanfaatkan jalir alternatif melalui Simpang Batu Palano, kemudian terus ke Sungai Puar, dan sampai di Simpang Tanjung Alam.

Baca: Pesawat Garuda Alami Pecah Ban Saat Landing di Bandara Kualanamu, Lihat Foto-fotonya

"Sedangkan, pemudik yang ingin menghindari kemacetan di Pasar Baso dan Simpang Piladang, bisa melewati jalur Simpang Ampek Canduang, terus ke Tabek Patah, Situjuah dan sampao ke Payakumbuh," terang Amran kepada tribunpadang.com, Senin (11/6/2018).

Sementara itu, Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Singgamata mengatakan, pihaknya hingga H-4 Lebaran 2018 masih terus melakukan pengendalian kemacetan di sepanjang jalur mudik Padang-Pekanbaru. Bahkan horor macet Pasar Kota Baru untuk sementara sudah bisa diatasi.

Baca: Dimas Kanjeng Kembali Muncul, Kini Pamerkan Uang Segepok Sampai Sebut Teroris

"Alhamdulillah kondisi "Horor" macetnya sudah bisa kami atasi, dan lebih baik dibanding tahun lalu. Hari ini arus lalu lintas memang padat, tapi tetap mengalir perlahan. Pasar Koto Baru ini merupakan titik utama kemacetan di Sumbar," ujarnya.(*)

Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help