Siak

Panwaslu Siak: Kami Temukan Banyak KPPS yang Kurang Memahami Tugasnya

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Siak memberikan catatan khusus kepada KPU Siak selama menjalani proses Pilgubri 2018.

Panwaslu Siak: Kami Temukan Banyak KPPS yang Kurang Memahami Tugasnya
Tribun Pekanbaru/Mayonal
Ketua Panwaslu kabupaten Siak Moh Royani menyampaikan catatan khusus kepada KPU Siak pada rapat pleno KPU Siak, Jumat (6/7/2018). 

Laporan wartawan Tribunsiak.com, Mayonal Putra

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Siak memberikan catatan khusus kepada KPU Siak selama menjalani proses Pilgubri 2018.

Catatan khusus tersebut untuk mengingatkan KPU agar lebih baik lagi dalam menjalankan tugas pada Pilpres dan Pileg 2019 mendatang.

"Catatan khusus untuk KPU sudah kami sampaikan kepada KPU Siak. Hal itu harus direspon secara serius demi perbakan untuk Pemilu-pemilu berikutnya," kata Ketua Panwaslu Siak, Moh Royani kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (9/7/2018).

Baca: Pekerja dari SBCI Riau Datangi Gedung DPRD Riau Tuntut Janji Dewan Soal Ini

Catatan khusus tersebut berisi agar KPU teliti dalam menyelenggarakan Pemilu. Karena pada Pilgubri 27 Mei 2018 lalu, masih terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 3 kampung Bungaraya, kecamatan Bungarya.

"Ini salah satu bentuk kurangnya kecermatan dalam bertugas, khususnya di tingkat KPPS. Dan kami temukan banyak KPPS yang kurang memahami tugasnya," kata dia.

Baca: Sangat Dibutuhkan, Warga Berharap SPAM IPA di Desa Desa Sungai Tohor Segera Dioperasikan

Menurutnya, banyak dijumpai ketidakpahaman KPPS terhadap pemilih pengguna A5, maupun DPTBH.

Kemudian ada pula permasalahan salah masuk berkas ke kotak suara.

"Kecermatan sangat diperlukan pada DPT yang berkurang maupun yang bertambah. Supaya pemilih benar-benar bisa menggunakan hak pilihnya dengan benar," kata dia.

Baca: Polresta Pekanbaru Bentuk Tim Gabungan Khusus untuk Ungkap Dalang Penembakan Lapas Gobah

Panwaslu menilai, untuk Pileg dan Pilpres pada 2019 lebih kompleks dari Pilgubri. Dia yakin petugas penyelenggara semakin kebingungan jika tidak melakukan langkah-langkah yang tepat untuk menyelenggarakannya.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help