Novita Angraini Owner Rempeyek Novita Nusantara, Kuliah Sambil Jalankan Bisnis Home Industri

terhitung sebagai mahasiswa, namun perempuan muda ini ternyata juga memiliki usaha yang meberikan pendapatan yang lumayan baginya

Novita Angraini Owner Rempeyek Novita Nusantara, Kuliah Sambil Jalankan Bisnis Home Industri
ist
Novita Angraini 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Menjadi wanita karir dan sibuk berorganisasi, tidak bisa dilakukan semua orang.

Apalagi berkarir sambil kuliah. Namun hal itu, tidak berlaku bagi Novita Anggraini. Wanita berparas ayu ini, sudah menasbihkan diri untuk berkarir sejak dirinya tamat di bangku SMAN 7 Pekanbaru.

Baca: Liga 2 Semen Padang versus PSIR Rembang, Babak Pertama Semen Padang Unggul 2-0

Sebab, baginya berkarir dan berorganisasi, punya pesona yang tak bisa dimiliki wanita biasa. Di usianya yang masih tergolong muda (22 tahun), Ovy-begitu cewek ini akrab disapa- sudah memiliki usaha kuliner home industri, yakni makanan ringan Rempeyek, bermerek Rempeyek Novita Nusantara, di Jalan Panglima No 06 Kelurahan Air Hitam, Payung Sekaki, Pekanbaru.

Baca: Polres Rohul Ungkap Peredaran Narkoba yang Melibatkan Oknum Dirut BPR

"Sebenarnya bakat usaha ini merupakan turunan dari keluarga. Namun sekarang saya sudah menekuninya sejak beberapa bulan belakangan. Hasilnya sangat lumayan, apalagi untuk biaya kuliah, jajan dan keperluan lainnya. Sangat membantu," kata Ovy saat berbincang dengan Tribunpekanbaru.com, Rabu (8/8/2018) di Pekanbaru.

Baca: Emas dan Uang Nenek Kamarinah Ludes Digondol Maling, Modus Pelaku Mengaku Tim Bedah Rumah

Kini usaha yang dirancang dengan manajemen smart ini sudah berkembang, hingga ke pelosok Nusantara. Tak tanggung-tanggung, pelanggan Rempeyeknya tersebut, selain disenangi masyarakat Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau, juga orderannya hingga ke daerah Jakarta, Medan, Tj Pinang Kepri dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Baca: Maju Bersama Jokowi di Pilpres 2019, Mahfud MD: Saya Diminta Siapkan Baju

"Sebenarnya promosi usaha ini juga banyak dibantu teman-teman. Prinsipnya, kalau kita seorang wanita karir, harus memperbanyak teman di mana-mana, sepanjang itu positif. Pasti kita berhasil," papar gadis yang masih menyelesaikan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) semester akhir ini.

Dia yakin bahwa usaha yang digelutinya ini, bisa bertahan lama, karena di samping makanannya disukai banyak orang, juga rasanya beda dari peyek lainnya.

Namun hal itu tidak serta merta berjalan mulus, jika tidak dimenejemen dengan baik. Apalagi Kota Pekanbaru saat ini sudah menjadi sebagai tujuan kuliner bagi tetamu yang datang.

Baca: Live Streaming Semifinal Piala AFF U-16 2018 Thailand Vs Myanmar Babak Kedua

"Jadi, harus benar-benar kita pertahankan rasa dan kualitasnya," sebut gadis yang belum menikah ini dengan semangat.

Di samping usaha, sulung yang hobi menulis ini juga, ternyata aktif di berbagai organisasi. Seperti halnya aktif di UKM-IKM Nusantara Provinsi Riau (jabatan sekretaris), Wakil Bendahara DPC Hanura Kota Pekanbaru dan lainnya.

Bagi dirinya, berkarir dan berorganisasi tersebut tidak sulit, jika bisa membagi waktu. Apalagi didukung penuh orangtua dan keluarga. "Ya, setiap hari saya disibukkan aktivitas reguler. Belum lagi sekarang masih KKN (kuliah kerja nyata). Jadi bagaimana kita membagi waktu saja. Yang penting menjalankannya harus ikhlas," kata putri Nawang Sari dan Goto Utomo (alm) ini sambil tersenyum.

Baca: Polisi di Dumai Dapati Paket Sabu-Sabu yang Disembunyikan di Dalam Sepatu Futsal

Ovy berharap, apa yang dilakukannya saat ini, bisa menginspirasi wanita-wanita muda lainnya. Terutama yang masih single, yang tentunya masih punya waktu luang yang banyak. Sehingga setelah berumah tangga dan punya anak, tinggal melakukan ekspansi saja.

"Tapi saya yakin, siapapun orangnya, pasti bisa berkarir. Memanfaatkan waktu selagi muda, sepanjang ada niat dan kesempatan. Intinya, jangan cepat menyerah dan tak kenal lelah," sarannya.

Namun yang paling penting bagi Ovy, usahanya ini bisa menjadi salah satu produk khas oleh-oleh dari Pekanbaru. Karena ini juga bisa membantu UMKM kota ini, dan mengatasi pengangguran, serta menghindari para generasi muda dari hal-hal negatif. Seperti halnya terjerumus ke lembah hitam narkoba, dunia malam dan pergaulan bebas. (Saf)

Biofile:
Nama: Novita Anggraini, owner
Tempat Tanggal lahir: Pekanbaru, 3 November 1995
Usaha: Rempeyek Novita Nusantara (owner)
Pendidikan: Jurusan Ekonomi UMRI
Alamat: Jalan Panglima No 06 Kelurahan Air Hitam, Pekanbaru.
Orangtua: Nawang Sari (ibu) Goto Utomo (ayah/alm)

Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help