Pengumuman DCS Diharapkan Sampai ke Kantor Kecamatan dan Kelurahan

Terhitung sejak Minggu (12/8/2018) pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DCS) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 sudah mulai dilaksanakan

Pengumuman DCS Diharapkan Sampai ke Kantor Kecamatan dan Kelurahan
Tribun Pekanbaru
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Terhitung sejak Minggu (12/8/2018) pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DCS) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 sudah mulai dilaksanakan.

Masing-masing Komisi Pemilihan Umum ditiap tingkatan mulai mengumumkan nama Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang lolos DCS.

Baca: Kadisbud Ajak Masyarakat Riau Doakan Tenas Effendi Terima Penghargaan dari Presiden

Untuk pengumuman DCS, dilakukan melalui beberapa cara, di antaranya melalui website KPU, media massa, dan di kantor KPU.

Bagi kaum milenial yang usianya sudah memiliki hak pilih, pengumuman tersebut dirasa cukup efektif, karena bisa diakses melalui internet.

Baca: Nabil FC Menang 9-0 atas Flamboyan FC 9 - 0 di Liga 3 Zona Riau

"Mulai awal tahun depan saya sudah bisa ikut memilih. Sehingga di Pileg 2019 saya sudah bisa ikut memberikan suara. Soal pengumuman DCS menurut saya cukup efektif, karena mudah diakses. Saya sendiri juga sudah coba," kata Doni, remaja asal Sukajadi kepada Tribun, Minggu (12/8).

Namun berbeda dengan Linda, salah seorang ibu rumah tangga, mengaku sulit untuk mengakses website KPU, karena tidak terbiasa menggunakan internet.

Baca: Nabil FC Menang 9-0 atas Flamboyan FC 9 - 0 di Liga 3 Zona Riau

Sebaiknya pengumuman dilakukan secara manual saja, namun ditempat yang lebih mudah diakses oleh masyarakat, khususnya bagi kaum ibu-ibu seperti dirinya.

"Kalau kami ibu-ibu ini kan jarang baca koran, apalagi lihat internet, nggak ngerti. Kalau pengumuman itu sebaiknya di kantor camat, atau di kantor lurah malah. Kalau hanya di kantor KPU, itu kan jauh, untuk kantor KPU kota Pekanbaru saja cukup jauh dari sini, apalagi yang provinsi," kata Linda yang tinggal di Jalan Cipta Karya, Kecamatan Tampan ini.

Baca: LBH Pekanbaru Gelar Lomba Video dan Karya Latih Bantuan Hukum

Herman, salah seorang warga Jalan Purwodadi, Kecamatan Tampan menilai, jika pihak KPU mau, sebenarnya tidak begitu sulit melakukan pengumuman di kantor lurah atau kecamatan.

"Pengumuman tersebut kan hanya butuh beberapa lembar kertas HVS saja, kemudian pihak KPU juga punya petugas di kecamatan hingga kelurahan, itu menurut saya cukup efektif, terutama bagi sebagian masyarakat yang tidak terbiasa mengakses internet atau media massa. Masyarakat kadang sudah terbiasa dengan pengumuman di kantor lurah," imbuhnya.

Baca: LBH Pekanbaru Gelar Lomba Video dan Karya Latih Bantuan Hukum

Sementara itu, anggota KPU Riau, Ilham M Yasir mengatakan, masyarakat bisa memberikan masukan terhadap Bacaleg yang telah ditetapkan sebagai DCS. KPU membuka masukan tersebut mulai sejak 12-16 Agustus 2018 mendatang.

Namun dijelaskan Ilham, masukan yang diberi masyarakat harus menyertakan identitas diri yang jelas, dan bukan berupa surat kaleng. Tapi masyarakat tidak perlu khawatir, karena pihak KPU menurutnya akan menjamin kerahasiaan pelapor nantinya.

Baca: Belum Ada Lonjakan Perekaman KTP Elektronik Jelang Pemilu 2019 di Kota Dumai

"Masyarakat tidak perlu cemas, kami akan jamin kerahasiaan pelapor," imbuhnya.

Hal tersebut menurutnya sesuai dengan Peraturan KPU nomor 20 tahun 2018. Seperti Bacaleg yang sebelumnya pernah terindikasi sebagai terpidana kasus korupsi. Begitu juga dengan kasus kejahatan seksual terhadap anak dan bandar narkoba. Jika ternyata ada laporan maka KPU akan menelusuri laporan tersebut kepada instansi terkait nantinya. (ale)

Penulis: Alex
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved