Pekanbaru

Dorong Hak Asasi Perempuan di Semua Sektor PPSW Gelar Dialog Publik

Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) Regional Sumatera mendorong hak asasi perempuan di semua sektor, PPSW gelar dialog publik

Dorong Hak Asasi Perempuan di Semua Sektor PPSW Gelar Dialog Publik
Tribun Pekanbaru/Teddy Tarigan
Dorong Hak Asasi Perempuan di Semua Sektor PPSW Gelar Dialog Publik 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Teddy Tarigan

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW) Regional Sumatera mendorong hak asasi perempuan di semua sektor, PPSW gelar dialog publik.

Dialog publik ini bertemakan "Stop Perkawinan Anak dan Hapuskan Semua Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak", dan digelar di Hotel Grand Suka Pekanbaru pada Kamis (13/9/2018).

Endang Suliana Direktur PPSW Sumatera mengatakan kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun sejak tahun 2014 untuk memperingati Hari Kesehatan Seksual Sedunia.

Baca: Dispora Riau Akan Bawa 116 Atlet Untuk Popwil 2018 di Aceh

Baca: Jangan Lewatkan! Drama Korea Bad Papa Segera Tayang, Catat Jadwalnya

"Ini adalah puncak peringatan HKSS (Hari Kesehatan Seksual Sedunia, yang bertujuan mendorong perempuan untuk bisa mendapatkan Hak Asasi Perempuan (HAP) dalam semua sektor HKSR (Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi), penghidupan yang layak, Keadilan dan kesetaraan jender serta perlindungan dari semua bentuk kekerasan," ujar Endang.

Secara khusus melalui kegiatan ini perempuan mengetahui dan memahami HKSR, mengetahui aturan dan kebijakan yang mendukung pemenuhan HKSR, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kapasitas perempuan dalam mengakses dan mengontrol informasi, pelayanan medis dan konsultasi HKSR sesuai Standar Pelayanan Minimum (SPM) bidang kesehatan.

Terakhir tujuan program ini adalah menumbuhkan kesadaran perempuan bahwa mereka memiliki kekuatan kolektif untuk melakukan perubahan di dalam dirinya dan kelompok disekitarnya untuk memperoleh dan menikmati HKSR.

Selain Dialog Publik, Endang juga mengatakan dalam rangkaian kegiatan ini akan dilakukan pemeriksaan dasar, Tes IVA dan pemeriksaan Kanker payudara yang sudah dilakukan sejak kemarin.

"Besok juga akan masih akan kita lakukan, September ini full untuk kegiatan tes IVA ini," ungkapnya.

Baca: Prodi Teknik Otomotif Umri Lakukan Pengabdian Masyarakat

Baca: Sandiaga Uno Tiba-tiba Meminta Maaf kepada Ridwan Kamil, Ada Apa?

Pada sore hari juga akan dilakukan pemilihan keluarga peduli HKSR di 3 kabupaten kita dampingan PPSW yaitu Kampar, Pekanbaru, dan Rohil.

"Nantinya yang akan menjadi pemenang akan menjadi Role Model dalam penerapan pemenuhan hak kesehatan seksual reproduksi perempuan yang mendapatkan dukungan penuh dari keluarga," ujarnya.

Peserta dari Dialog Publik ini adalah instansi pemerintah, Omas/LSM, Media, tokoh masyarakat, tokoh agama, mahasiswa, Forum Komunitas Perempuan Akar Rumput (FKPAR) san Forum Multistakeholder (FMS) peduli HKSR.

Sebelumnya dikatakan Endang kemarin Rabu (12/9/2018) juga sudah dilakukan penandatanganan kerjasama antara PPSW Sumatra dan Puskesmas Bangko, Rokan Hilir tentang Pelayanan terpadu kesehatan dan penanganan korban kekerasan.

Besok juga dalam hari terakhir akan dilakukan pertemuan FKPAR.

"Ini adalah para kader lokal yang sudah dilatih PPSW untuk menjadi duta untuk penguatan kelompok-kelompok perempuan di tiga kabupaten kota ini," pungkasnya. (*)

Penulis: Teddy Yohannes Tarigan
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved