Indragiri Hulu

Hasil Review SPIP Inhu oleh BPKP Perwakilan Riau Raih 3,10

Proses penilaian maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sudah mendekati tahap akhir.

Hasil Review SPIP Inhu oleh BPKP Perwakilan Riau Raih 3,10
Desain Tribun Pekanbaru
ilustrasi tribun 

Laporan Wartawan Tribuninhu.com Bynton Simanungkalit

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Proses penilaian maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sudah mendekati tahap akhir.

Plt Kepala Inspektorat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Boyke Sitinjak mengungkapkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Riau juga sudah memberikan review terhadap maturitas SPIP Inhu yang mencapai 3,10.

Baca: Diterima Sekda Tengku Mukhlis, LPSE Pelalawan dapat Penghargaan dari LKPP RI

Boyke yang ditemui di ruangannya pada Rabu (31/10/2018) menjelaskan sebelum diserahkan ke BPKP, Inspektorat Inhu melakukan self assessment.

"Sudah kita self assessment sekitar awal Oktober. Hasil self assessment itu kita menilainya 3,66. Kemudian telah direview oleh BPKP perwakilan Provinsi Riau, nilai dari hasil review itu 3,10, turun sedikitlah," katanya.

Boyke melanjutkan rencananya pada tanggal 7 November mendatang hasil dokumen berkenaan dengan penilaian maturitas SPIP Inhu akan dibawa ke BPKP pusat.

"Hasil review itu nantinya akan dibawa ke BPKP pusat untuk dilihat hasil," kata Boyke. Boyke berharap hasil penilaian akhir tidak jauh berbeda dengan hasil review dari BPKP perwakilan Provinsi Riau.

Baca: Lion Air JT610 Boeing 737 Max8, Penerbangan Pertama & Terakhir bagi Arif

"Mudah-mudahan sama dengan yang kita nilai, minimal level tiga tercapai," katanya. Boyke menjeskan bahwa keberhasilan ini juga tidak terlepas dari kerjasama 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Inhu.

"Keberhasilan itu nantinya juga karena kerjasama 14 OPD yang menjadi sampel dalam pengumpulan dokumen-dokumen," tegasnya.

Baca: Tasman dan Joko Tiba di Plovdiv Bulgaria, 180 Km Lagi Bersepeda Menuju Perbatasan Turki

Selain itu, Boyke juga menjelaskan bahwa pihaknya masih menunggu juga review penilaian terhadap kabapilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Inhu dari BPKP perwakilan Riau.

"Kalau berdasarkan hasil self asesmen kita mendapat poin tiga, proses review dari BPKP belum selesai. Mudah-mudahan hasil penilaian level tiga penuh dan demikian juga di BPKP pusat," katanya. (*)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved