Padang

KMHE 2018 Padang, 71 Tim dari 45 Perguruan Tinggi Adu Inovasi Mobil Hemat Energi di UNP

Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) yang digelar di Universitas Negeri Padang melombakan 2 kategori, kelas Prototype dan Urban Concept

KMHE 2018 Padang, 71 Tim dari 45 Perguruan Tinggi Adu Inovasi Mobil Hemat Energi di UNP
tribunpekanbaru/rikisuardi
Mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi tengah mendorong mobil hemat energi yang akan diperlombakan di KMHE 2018 Padang di UNP 

Laporan Kontributor Tribunpekanbaru.com, Riki Suardi dari Padang

TRIBUNPEKANBARU.COM, PADANG - Sebanyak 71 tim dari 45 perguruan tinggi di Indonesia, menampilkan inovasi terbaiknya pada Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) yang digelar di Universitas Negeri Padang pada Rabu (28/11/2018). 

Wakil Ketua Pelaksana KMHE Rifdarmon mengatakan, ada dua kategori yang diadakan pada KMHE ini, yaitu kompetisi kelas Prototype dan Urban Concept dengan jenis bahan bakar gasoline, ethanol, diesel, dan motor listrik.

Untuk dua kelas ini, semua mobil yang mengikuti kompetisi KMHE tersebut, nantinya akan melintasi sirkuit sepanjang 1 kilometer dengan satu kali race sebanyak delapan putaran.

"Sirkuit tersebut merupakan jalan di area kampus UNP yang rutenya telah dirancang oleh panitia KMHE. Untuk ketentuan pesertanya, 1 tim terdiri dari 8 orang," kata Rifdarmon kepada tribunpekanbaru.com saat di temui di UNP, Selasa sore.

Mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi tengah mendorong mobil hemat energi yang akan diperlombakan di KMHE 2018 Padang di UNP
Mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi tengah mendorong mobil hemat energi yang akan diperlombakan di KMHE 2018 Padang di UNP (tribunpekanbaru/rikisuardi)

Sementara itu, Rektor UNP Ganefri, mengaku bersyukur UNP bisa menjadi tuan rumah KMHE ini, karena kompetisi yang digelar hingga 1 Desember mendatang itu, tentunya akan menjadi momentum bagi UNP untuk membangun reputasi akademik ke depannya.

Baca: VIDEO: Live Streaming Semifinal Liga 2 2018 Semen Padang Vs Persita Tangerang di UseeTV Sore Ini

Baca: Dijamu Semen Padang FC di Leg Kedua Semifinal Liga 2, Pelatih Persita: Kami Sudah Punya Modal 1-0

"Kami berterimakasih kepada Kemenristek Dikti yang mempercai UNP untuk jadi tuan rumah, dan ini akan menjadi motivasi untuk membangun reputasi UNP ke depan, apalagi UNP merupakan satu-satunya perguruan tinggi di luar Pulau Jawa yang menjadi tuan rumah sejak KMHE digelar," katanya.

KMHE ini, lanjut Ganefri, sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa teknik dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan itu terlihat dari tingginya motivasi peserta yang datang dari berbagai daerah.

Bahkan ada yang datang dari Kalimantan, Surabaya dan daerah lainnya di luar Pulau Jawa.

Oleh sebab itu, sebagai tuan rumah, Ganefri berharap agar semua peserta memanfaatkan ajang ini dengan baik.

"Motivasi peserta luar biasa. Mari manfaatkan kompetisi ini dengan baik. Kami sebagai tuan rumah, siap memberikan layanan terbaik kepada seluruh peserta, karena ajang ini bertujuan untuk mendorong inovasi mahasiswa," tuturnya.(*)

Baca: Tes Kepribadian, Pilih Satu Mata dan Singkap Sifatmu, Tipe Misterius atau Energik?

Baca: TIPS: Ingin Download Film-film Indonesia dari Aplikasi HP? Ini Caranya, Ada Banyak Film Terbaik

Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved