Bawaslu Kampar Pastikan Awasi dan Pantau Atribut Kampanye di Lokasi Reses

Bawaslu akan mengawasi apakah saat reses ada atribut kampanye di lokasi reses seperti pemasangan alat peraga ataupun penyebaran bahan kampanye

Bawaslu Kampar Pastikan Awasi dan Pantau Atribut Kampanye di Lokasi Reses
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Sejumlah alat peraga kampanye (APK) dipasang di batang pohon, Jalan Inpres Pekanbaru, Jumat (30/11/2018). Foto tak ada kaitan dengan berita. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Ikhwanul Rubby

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR- Anggota DPRD Kabupaten Kampar saat ini tengah melakukan reses.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kampar menghimbau seluruh anggota legislatif di parlemen yang mencalonkan diri kembali pada Pemilu Tahun 2019 untuk tidak berkampanye saat melaksanakan kegiatan reses di daerah pemilihannya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kampar, Syawir Abdullah, Rabu (5/12/2018) mengatakan agar seluruh anggota dewan tidak melakukan kampanye pada saat melaksanakan tugas negara yakni reses sesuai aturan yang berlaku.

Syawir menyampaikan masa reses ini semestinya digunakan untuk menyerap aspirasi konstituen di daerah pemilihan masing-masing anggota dewan karena setiap kegiatan reses ini dibiayai oleh negara sehingga tidak diperbolehkan untuk menyampaikan visi dan misi.

Baca: Bawaslu Riau Akan Patroli Pengawasan Politik Uang Jelang Pemilu

Baca: Bawaslu Riau Terima Surat Edaran dari Pusat, Ingatkan tentang Larangan APK Caleg di Media Berbayar

"Kita sudah menginstruksikan kepada jajaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan dan Kelurahan untuk mengawasi setiap agenda reses yang dilaksanakan oleh Anggota DPRD," tuturnya.

Ia mengatakan imbauan ini tidak hanya untuk DPRD Kabupaten Kampar tetapi untuk seluruh tingkatan.

Dijelaskan Bawaslu akan mengawasi apakah pada saat reses ada atribut kampanye di lokasi reses seperti pemasangan alat peraga kampanye ataupun penyebaran bahan kampanye.

"Kita mengajak seluruh elemen masyarakat dan rekan- rekan media untuk bersama-sama mengingatkan dan mengawasi masa reses anggota dewan," tuturnya.

Baca: Pemilu 2019 Semakin Dekat, Bawaslu Padang Belum Petakan Daerah Rawan Pelanggaran

Syawir menyampaikan Bawaslu selalu memperlakukan peserta pemilu dengan setara dan berkeadilan agar didapatkan hasil pemilu yang mempunyai legitimasi kuat ditengah-tengah masyarakat.

Ia juga menyampaikan Bawaslu dalam rangka pengawasan lebih mengutamakan pencegahan.(*)

Penulis: Ikhwanul Rubby
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved