Rokan Hulu

Terbukti Korupsi, 5 ASN Rohul Diberhentikan Tidak Hormat, Tak Terima Tunjangan Pensiun

Sebanyak lima aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), diberhentikan secara tidak hormat.

Terbukti Korupsi, 5 ASN Rohul Diberhentikan Tidak Hormat, Tak Terima Tunjangan Pensiun
Internet
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Sebanyak lima aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), diberhentikan secara tidak hormat.

Keputusan itu diambil setelah inkrah atau mendapatkan ketetapan hukum di pengadilan.

Mereka terbukti terbukti kasus tindak pindana korupsi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Bahkan mantan ASN tersebut, tidak lagi menerima tunjangan dana pensiun.

Kepala Badan Kepegawaian pendidikan dan pelatihan (BKPP) Rohul, M Zaki menjelaskan, 5 ASN di lingkungan Pemkab Rohul yang diberhentikan dengan tidak hormat, terdata pada tahun 2018 sebanyak 1 orang, tahun 2017 sebanyak 2 orang dan tahun 2015 sebanyak 2 orang.

Baca: Edy Rahmayadi Mengundurkan Diri, Supporter Demo Kongres PSSI: Tangkap Joko Driyono & Iwan Budianto

Menurutnya, Pemkab Rohul menunjukkan komitmennya untuk mengimplementasikan amanah UU Nomor 5 tahun 2014 dan PP Nomor 11 tahun 2017 serta Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri Mendagri, Menpan RB, dan Kepala BKN.

Diterangkannya, dalam SKB tiga menteri ini tentang penegakan hukum terhadap PNS yang telah dijatuhi hukuman berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana kejahatan jabatan atau tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan

"Sekarang ini, untuk pemberhentian ASN yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi, sudah menjadi kewenangan penuh, pejabat Pembina kepegwaian dalam hal ini kepala daerah (bupati/ Walikota)," katanya, Minggu (20/1/2019).‎

Zaki menjelaskan, untuk ASN Rohul yang kini statusnya telah diberhentikan sementara, dikarenakan terjerat kasus hukum tindak pidana umum maupun tindak pidana Tipikor yakni sebanyak 5 orang.

Halaman
12
Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved