Tembilahan

Kodim 0314/Inhil Persiapkan Pasukan Hadapi Bencana, Termasuk Antisipasi Kebakaran Lahan dan Hutan

Disiapkan tim dari kesehatan Keslap kodim untuk memberikan pertolongan pertama dan disiapkan personil yang memiliki kualifikasi Raider mobil udara,

Kodim 0314/Inhil Persiapkan Pasukan Hadapi Bencana, Termasuk Antisipasi Kebakaran Lahan dan Hutan
Istimewa
PRC sedang melakukan demonstrasi tanggap bencana di Makodim 0314/Inhil, Rabu (13/3/2019). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, TEMBILAHAN - Komando Distrik Militer (Kodim) 0314/Inhil mempersiapkan Pasukan Reaksi Cepat (PRC) untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana, Rabu (13/03/2019).

Sebanyak 22 orang personil yang terdiri dari 3 regu dan satu tim di persiapkan khusus oleh kodim 0314/Inhil sebagai tim yang siap digerakkan kapan saja dalam medan situasi apapun apabila terjadi bencana di wilayah Inhil.

Pasi Ops Kodim 0314/Inhil, Kapten Inf Tarmizi menuturkan, latihan Peleton Pasukan Reaksi Cepat (PRC) PB ini di laksanakan sesuai dengan Pertunjuk Dandim Letkol Inf Andrian siregar S.I.P.

“Ini merupakan kepedulian kodim 0314/Inhil untuk mengantisipasi segala bentuk bencana dan senantiasa berkoordinasi dengan intansi terkait dalam penanggulangan bencana di wilayah Inhil,” ungkap Pasi Ops.

Baca: Kodim 0314 Inhil dan Baznas Inhil Teken MoU Pendayagunaan Zakat Bedah Rumah

Baca: Resmi Berakhir Hari Ini, Kegiatan TMMD Ke-101 Kodim 0314/Inhil Capai 100 Persen

Dengan situasi wilayah yang berkemungkinan terjadi bencana, Pasi Ops menjelaskan, kegiatan latihan ini dimulai dari pertolongan pertama kepada korban yang mengalami musibah bencana.

“Di siapkan tim dari kesehatan Keslap kodim untuk memberikan pertolongan pertama dan disiapkan personil yang memiliki kualifikasi Raider mobil udara, Kualifikasi Zeni,” jelas Pasi Ops.

Selanjutnya, tim diberi materi latihan repling dan senepling serta cara mengevakuasi korban agar cepat di tangani serta di evakuasi.

“Latihan ini di berikan kepada tim PRC penanggulangan bencana yang dibentuk oleh Kodim,” tutur Pasi Ops.

Tidak hanya untuk mengatasi bencana, menurut Pasi Ops, tim ini juga dipersiapkan untuk menangani Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) yang juga kerap terjadi di Wilayah Inhil.

Baca: 120 orang Prajurit dan ASN Kodim 0314/Inhil Ikuti Sosialisasi Netralitas TNI

Baca: Kumpulkan Donasi Tanah Longsor di Tanah Merah, Kodim 0314/Inhil Akan Segera Salurkan ke Korban

“Tim ini juga akan di siap siagakan untuk mengantisipasi kebakaran lahan, apabila di minta dalam Penanggulangan bencana yang terjadi,” pungkas Pasi Ops.(Tribunpekanbaru/TMuhammadFadhil)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved