Rokan Hulu

Sekda Abdul Haris Sarankan Sediakan Televisi di TPS, Ikut Simulasi Pemilu yang Digelar KPU Rohul

Sekda Rokan Hulu Abdul Haris menyarankan disediakan televisi dan fasilitas lain di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat pelaksanaan pemungutan suara.

Sekda Abdul Haris Sarankan Sediakan Televisi di TPS, Ikut Simulasi Pemilu yang Digelar KPU Rohul
istimewa
Sekda Rohul Abdul Haris mencelupkan jari di tinta saat melaksanakan simulai tatacara pelaksanaan pemilu yang digelar KPU Rohul, Selasa (2/4/2019) di kantor KPU Pasirpangaraian. 

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Sekda Rokan Hulu Abdul Haris menyarankan disediakan televisi dan fasilitas lain di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April mendatang.

Hal ini menurut Sekda karena ada lima surat suara yang harus dicoblos sehingga membutukan waktu cukup lama. Oleh sebab itu TPS harus nyaman bagi masyarakat yang menunggu.

"Jadi bisa disediakan televisi, kipas dan hiburan lainnya, agar masyarakat nyaman saat menunggu untuk menyalurkan hak suaranya," saran Sekda saat menghadiri simulasi pemungutan,
penghitungan, dan rekapitulasi hasil suara pemilu anggota DPRD, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten serta presiden dan wakil presiden di KPU Rohul, Pasirpangaraian, Selasa (2/4/2019).

Sekda mengatakan, simulasi ini sangat bagus karena akan diketahui bagian mana saja yang harus dilakukan perbaikan dan peningkatan.

"Tadi juga saya melakukan simulasi pemungutan suara. Mulai dari melihat papan info, melakukan pendaftaran, pengambilan surat suara, mencoblos hingga memasukannya ke kotak suara yang berbeda-beda," sebutnya.

Selain Sekda, juga hadir Kapolres Rohul AKBP Muhamad Hasyim Risahondua, Wakapolres, Kompol Willy Kartaman, dan undangan lainnya.

Ketua KPU Rohul, Elfendri mengungkapkan, kegiatan simulasi ini merupakan instruksi dari KPU RI.

Tujuannya untuk bahan evaluasi dalam melaksanakan pemilu 17 April 2019 mendatang.

Dari simulasi ini diketahui kemungkinan kendala dan permasalahan yang akan dihadapi saat pelaksanaan pemilu.

Elfendri menerangkan, simulasi ini dibuat sesuai tatacara dengan proses pelaksanaan pemilu 17 April 2019 di masing-masing TPS.

Mulai dari papan pengumuman, pendaftaran, pengambilan surat suara, penyaluran hak suara, dan memasukan surat suara di lima kotak suara yang sudah ditentukan.

Elfendri berharap melalui simulasi ini akan lebih menjadikan anggota KPU di lapangan atau di TPS semakin mengerti tugas yang akan dilaksanakan pada hari H.

“Simulasi ini juga menjadi tempat untuk menguatkan sinergitas dalam mensukseskan pemilu 2019,” ujarnya.
Sementara, Kapolres AKBP M Hasyim Risahondua menegaskan siap mengawal proses pelaksanaan pemilu, mulai dari pemungutan, penghitungan hingga pleno.

"Kita dari Polres siap mensukseskan pemilu pada 17 April 2019 mendatang. Dengan kerjasama saya yakin pelaksanaan pemilu di Rohul akan sukses," tegas Kapolres. (Tribunpekanbaru.com/donny kusuma putra)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved