Berita Riau

KPU Inhu Tunggu Surat Suara Pilpres untuk Gelar PSU di 4 TPS

omisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Inhu menetapkan hari Pemungutan Suara Ulang (PSU) di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 27 April.

KPU Inhu Tunggu Surat Suara Pilpres untuk Gelar PSU di 4 TPS
Tribun Pekanbaru/Aan Ramdani
Warga Menyalurkan hak suaranya dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 09 Kelurahan Kampung Baru Jalan Kesehatan, Minggu (1/7/2018)/ 

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menetapkan hari Pemungutan Suara Ulang (PSU) di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 27 April 2019.

Menurut Ketua KPU Inhu, Yenni Mairida kepada Tribun, Minggu (21/4/2019), pihaknya masih harus menunggu kedatangan surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

"Kita masih menunggu surat suara untuk Pilpres yang sudah dipesan dari KPU pusat," kata Yenni.

Dia melanjutkan bahwa untuk surat suara DPD RI, DPR RI, DPR Provinsi, dan DPR Kabupaten Inhu masih tersedia untuk pelaksanaan PSU.

Baca: Formulir C6 Orang Meninggal Dunia Tersebar Saat Pemilu 2019, KPU Ngaku Kecolongan

Baca: Kecewa Warganya Tak Pilih Jokowi, Bupati Mandailing Natal Ajukan Pengunduran Diri

Seperti diketahui bahwa, empat TPS tersebut akan menggelar PSU untuk Pilpres.

Khusus untuk TPS 02 Desa Gumanti, Kecamatan Peranap akan digelar PSU untuk DPR RI, DPD RI, DPR Provinsi, dan DPRD Kabupaten Inhu.

Empat TPS yang akan melaksanakan PSU tersebut sesuai dengan rekomendasi Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Inhu kepada KPU Inhu.

Dua TPS yang direkomendasikan adalah, TPS 01 dan TPS 03 Desa Sialang Dua Dahan.

Di dua TPS tersebut ditemukan kelebihan surat suara daripada yang melakukan penghitungan pada pemilihan presiden dan wakil presiden.

Kemudian dua TPS lainnya, yakni TPS 02 Desa Talang Bersemi, Kecamatan Batang Cenaku, dan TPS 02 Gumanti, Kecamatan Peranap.

Pada TPS 02 Gumanti Bawaslu Inhu menemukan selisih jumlah surat sura dan pengguna hak pilih dan pada semua tingkatan pemilihan.

"Pada saat pelaksanaan PSU, tetap akan dilakukan oleh petugas KPPS tersebut namun akan kita pantau," kata Yenni.

Selain itu, Ketua KPU Inhu menyampaikan pada Minggu (21/4/2019) juga digelar pleno PPK di 11 kecamatan.

Yakni Kecamatan Pasir Penyu, Kecamatan Lirik, Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Kecamatan Sungai Lala, Kecamatan Kuala Cenaku, Kecamatan Batang Peranap, Kecamatan Seberida, Kecamatan Peranap, Kecamatan Rengat Barat, Kecamatan Rakit Kulim, Kecamatan Batang Cenaku.

Kemudian PPK di tiga kecamatan sisanya, yakni Kecamatan Rengat, Kecamatan Batang Gansal, dan Kecamatan Kelayang akan melaksanakan pleno pada hari ini.   (Tribuninhu.com/Bynton Simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved