Breaking News:

Tim Abdimas Fakultas Kedokteran Universitas Riau Gelar Posbindu Ptm di Desa Teratak Buluh Kampar

Kegiatan FK Unri Optimalisasi Upaya Deteksi dan Edukasi Pencegahan dan Penanganan Hipertensi Melalui Posbindu Ptm Di Desa Teratak Buluh, Kampar

Ist
Kegiatan Optimalisasi Upaya Deteksi dan Edukasi Pencegahan dan Penanganan Hipertensi Melalui Posbindu Ptm Di Desa Teratak Buluh, Kabupaten Kampar, Selasa (2/8/2022), yang diadakn oleh FK UNRI 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Dosen Fakultas kedokteran (FK) Universitas Riau (UNRI) bekerjasama dengan pimpinan Desa Teratak Buluh Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dan Puskesmas Kubang Jaya, melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di desa Teratak Buluh Kec. Siak Hulu Kabupaten Kampar.

Tema kegiatan yang diusung adalah "Optimalisasi Upaya Deteksi dan Edukasi Pencegahan dan Penanganan Hipertensi Melalui Posbindu Ptm Di Desa Teratak Buluh, Kabupaten Kampar".

Menurut ketua Tim Pengabmas FK UNRI, Dr. Zahtamal, SKM, M.Kes, kegiatan ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara yang dilakukan dengan pimpinan dan petugas kesehatan Puskesmas Kubang Jaya, penyakit hipertensi banyak dialami oleh masyarakat di desa Teratak Buluh.

Hal ini dibuktikan juga pada saat dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Selasa (2/8/2022), melalui pemeriksaan langsung tekanan darah masyarakat, banyak yang mengalami hipertensi (tekanan darah di atas 140/90 mmHg).

Kondisi ini sangat memprihatinkan, karena penyakit hipertensi akan diderita secara menahun (kronis), sehingga dapat menurunkan kualitas hidup dan produktivitas masyarakat.

Selain itu, penyakit hipertensi juga dikenal sebagai pembunuh berdarah dingin (The Silent Killer) karena sering tanpa keluhan atau gejala, sehingga penderita tidak tahu kalau dirinya mengidap Hipertensi, tetapi kemudian mendapatkan dirinya sudah terdapat penyakit penyulit atau komplikasi dari Hipertensi, seperti stroke.

Kegiatan Optimalisasi Upaya Deteksi dan Edukasi Pencegahan dan Penanganan Hipertensi Melalui Posbindu Ptm Di Desa Teratak Buluh, Kabupaten Kampar, Selasa (2/8/2022), yang diadakn oleh FK UNRI
Kegiatan Optimalisasi Upaya Deteksi dan Edukasi Pencegahan dan Penanganan Hipertensi Melalui Posbindu Ptm Di Desa Teratak Buluh, Kabupaten Kampar, Selasa (2/8/2022), yang diadakn oleh FK UNRI (Ist)

Selanjutnya, sering di masyarakat, tidak mengetahui bahwasaya sedang menderita Hipertensi, karena tidak adanya gejala, masyarakat tidak melakukan pemeriksaaan tekanan darah.

Sering juga masyarakat/penderita hipertensi tidak melakukan pengobatan secara rutin dan masih tetap berpola hidup yang berisiko untuk meningkatkan tekanan darahnya.

Sebenarnya, upaya penemuan kasus dan pengelolaan kasus hipertensi, termasuk upaya edukasi melalui Posbindu PTM sudah ada dilakukan. Namun, saat ini Posbindu PTM kurang berjalan dengan baik.

"Berdasarkan kondisi ini, akhirnya tim pengabdian mencetuskan ide, perlunya membantu upaya deteksi dini, peningkatan pemahaman kader Posbindu dan masyarakat serta memaksimalkan peran kader Posbindu PTM, khususnya dalam hal deteksi dini dan mengedukasi masyarakat terkait dengan penyakit Hipertensi," ungkap Zahtmal.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved