Pesona Wisata Siak dan Rupat

Sempat Mati Suri, Kini Zapin Api Hadir Sebagai Aset Kekuatan Rupat Utara

Permainan tradisional zapin api di Rupat Utara sempat mengalami mati suri. Kini,permainan zapin api mulai dihidupkan kembali oleh Pemkab Bengkalis

Sempat Mati Suri, Kini Zapin Api Hadir Sebagai Aset Kekuatan Rupat Utara
TribunPekanbaru/TheoRizky
Pemain Zapin Api tengah beraksi di Desa Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Sabtu (16/4/2016) malam. 

Laporan Fotografer Tribun Pekanbaru, Theo Rizky

TRIBUNPEKANBARU.COM, RUPAT UTARA - Dengan diiringi tiga orang pemukul kompang dan seorang pemetik gambus yang menjadi pemimpin, atau dalam permainan ini disebut khalifah, lima lelaki bertelanjang dada berjongkok bergandengan, mengelilingi kemenyan sambil memanjatkan doa-doa khusus.

Dari belakang, khalifah pemetik gambus berbisik kepada masing-masing pemain, lalu mulailah para pemain menari riang.

Tidak jelas gaya tariannya, tapi para pemain sangat menikmati dan seperti mempunyai dunianya sendiri, tanpa aba-aba seorang pemain langsung menembus kobaran api dari serabut kelapa yang sudah dibakar sebelumya.

Disusul lagi dengan pemain kedua, serabut yang membara itu dipegang, digosokkan ke badan hingga memercikkan bunga-bunga api yang beterbangan.

Sesekali penari itu merebut kompang yang dipakai pemusik dan memainkannya, seakan-akan ingin mengajar dan mengatakan , "ini irama yang aku inginkan, pukulah seperti ini," . Bila musik tidak pas dihati, para pemain tidak akan puas.

Permainan yang dilakoni sekelompok orang pada malam hari Sabtu (16/4/2016) di pinggir Pantai Teluk Rhu, Desa Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis itu dinamakan dengan zapin api, permainan tua yang hanya ada di Rupat Utara.

Adalah Abdullah (71) yang menjadi khalifah dalam pertunjukan zapin api tersebut, selain memainkan gambus, ia juga bertugas menjaga ritme permainan agar tetap menjadi tontonan yang seru.

Dijelaskan Abdullah, asal usul zapin api yang dimainkannya itu diturunkan langsung dari orang tuanya bernama Husin, seorang khalifah zapin api yang sangat tersohor di Bengkalis.

Halaman
1234
Penulis: TheoRizky
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved